Sekilas Info

Pengalaman di Militer, Sopacua Berniat Bangun Ambon Lebih Baik

Pesta demokrasi pemilihan Walikota Ambon baru akan berlangsung tahun 2022. Namun kini beberapa figur mulai meramaikan bursa bakal calon Walikota, pasca kepemimpinan Walikota Richard Louhenapessy yang sudah menjabat dua periode.

Salah satu figur yang berniat menjadi bakal calon walikota Ambon adalah Letkol CPM (Pur) Michel Sopacua, mantan Wakil Komandan Polisi Militer (Wadan POM) Kodam XVI Pattimura.

Sopacua yang baru pensiun dari dinas militer di Kodam XVI/Pattimura pada bulan Februari 2020 ini, mengakui niatnya didasari motivasi untuk membangun dan membenahi Kota Ambon yang lebih baik dan melanjutkan program-program pembangunan yang sudah berhasil.

"Niat saya tulus untuk membangun kota Ambon manise lebih baik dan maju ke depannya. Karenanya saya bersedia jadi bakal calon walikota, untuk mewujudkan keinginan membenahi negeri tercinta ini," ujar Sopacua yang juga pernah bertugas sebagai komandan POM di Sorong, Kendari dan Manado, Selasa (18/8/2020).

Saat ditanya bagaimana dengan dukungan partai politik, lelaki kelahiran 18 Januari 1962 di Negeri Pia, Pulau Saparua, Maluku Tengah ini, mengatakan, yang penting sosialisasi diri dulu dan  sampaikan niat membangun melalui beberapa program.

"Dukungan rakyat dan parpol itu soal kepercayaan. Yang penting kita berusaha meyakinkan. Dan lebih penting adalah sosialisasikan keinginan dan niat yabg tulus guna bangun dan benahi Ambon lebih baik dan maju ke depannya," tutur Sopacua yang kini aktif pada salah satu organisasi orang Maluku di Jakarta.

Suami dari AKBP (Pur) Alexanderino Sopacua/Toto SH ini, menjelaskan, salah satu keberhasilan program pembangunan adalah menegakkan aspek disiplin baik disiplin aparatur, disiplin anggaran, disiplin pengawasan maupun disiplin masyarakat.

"Disiplin itu kuncinya. Kalau saya diberi dukungan dan mendapat kepercayaan, amanah itu akan saya jalankan dengan disiplin dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan kota Ambon tercinta," tambah alumni SMA 228 Masohi yang memiliki tiga anak ini.

Sementara itu figur-figur yang disebut-sebut akan mencalonkan diri pada Pilwakot Ambon 2022 diantaranya Febry Calvin Tetelepta (Deputi I Kantor Staf Presiden RI), Michael Wattimena (mantan anggota DPR RI/DPP Partai Demokrat), A.G. Latuheru (Sekot Ambon), Lucky Wattimury (Ketua DPRD Maluku), Richard Rahakbauw (anggota DPRD Maluku), Hanock Tahapary (Kabag pada Sekretariat DPR RI) dan lainnya. (SM-05)

Penulis: SM-05
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!