Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

90 Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kota Ambon Jalani Swab Test

satumalukuID/Istimewa

satumalukuID- Sebanyak 90 anggota Satuan Polisi Pamong Pradja (Satpol-PP) Kota Ambon, kembali menjalani pemeriksaan swab test penanganan Covid-19 klaster perkantoran. Pengambilan sampel swab tahap II berlangsung di Kantor Satpol PP, Kota Ambon, Selasa (18/8/2020).

Kepala Satpol PP Kota Ambon, Josias P. Loppies, yang ditemui usai memantau proses pengambilan spesimen puluhan anak buahnya, mengaku kegiatan hari ini merupakan kali kedua setelah 14 Agustus 2020 lalu. (Baca Juga: 28 Warga Kota Ambon Pulih dari Korona, Tapi Sembilan Orang Juga Tertular)

“Sudah ada sebanyak 114 personil termasuk Kasat yang dilakukan tes Swab. Nah pada tanggal 18 Agustus ini, ada sebanyak 90 personil yang sudah dilakukan tes tersebut juga," kata Josias.

Dia mengaku, pengambilan sampel swab wajib diikuti semua personel Satpol PP tanpa terkecuali baik pegawai tetap maupun honorer. Bahkan, petugas TNI dan Polri yang bertugas bersama personel Satpol PP di lapangan juga diswab.

"Kita tidak tahu bagaimana kondisi kita, apakah sudah tertular atau belum, makanya harus tes, " jelasnya.

Menurutnya, kewajiban pemeriksaan Covid-19 menggunakan metode swab test tersebut selain sebagai instruksi langsung Pemerintah Kota Ambon juga disisi lainnya bertujuan untuk mencegah peredaran virus mematikan tersebut. (Baca Juga: Pasien Covid-19 Asal Seram Bagian Barat dengan Nomor Kasus 1.275 Meninggal Dunia)

“Kita ini kan bersentuhan langsung dengan masyarakat, jadi diwajibkan untuk tes Swab. Bahkan, sudah ada surat dari Pemkot yang ditandatangani oleh Sekertaris Kota Ambon, jika ada yang tidak mau mengikuti tes Swab, maka akan diberikan sangsi," terangnya.

Lantas, apabila ada yang terkonfirmasi positif apa langkah selanjutnya, tambah Josias, sudah menjadi tanggungjawab Pemkot Ambon.

"Kita akan serahkan untuk diproses lebih lanjut, atau dengan kata lain diisolasi," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!