Sekilas Info

Pengiriman KM Roro Bantuan Kemenhub untuk Maluku Menunggu Kapten Kapal

satumalukuID- Kapal Bahtera Nusantara yang diserahkan Menteri Perhubungan Budi Karya beberapa waktu lalu kepada Pemerintah Daerah Maluku, kini masih berada di galangan kapal di Surabaya, Jawa Timur. Sebab, hingga saat ini belum ditemukan kapten yang akan menahkodainya.

Kapal Motor jenis Roll On-Roll Of (Roro) dengan bobot 1.500 Gross Tonnage (GT) ini rencananya akan dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Kapal itu juga akan melayari Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah dan Kota Tual.

“Kemarin itu sudah langsung di kasih. Tapi yang menjadi masalah ini kaptennya tidak ada. Tapi menteri langsung bantu ngomong dengan Dirjen Perhubungan Darat Budi Supriyadi, kebetulan satu lekten saya di AKPOL,” kata Gubernur Maluku Murad Ismail kepada wartawan, di Ambon, Senin (17/8/2020), usai memimpin ucara HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia. (Baca Juga: Pangdam Pattimura Pimpin Pengibaran Bendera di Dasar Laut Perairan Ambon)

Murad mengaku, upaya Dirjen Perhubungan Darat telah berhasil menemukan seorang kapten, juga asal Ambon. Namun untuk sementara dirinya belum menahkodai kapal karena baru dikasih jabatan di galangan kapal.

“Orang Ambon juga namanya La Male kalau tidak salah. Dia bilang nanti kasih dia waktu satu dua bulan, nanti dia cari orang Ambon yang betul-betul (mampu),” ungkapnya.

Mantan Komandan Korps Brimob Polri ini mengaku pihaknya bisa saja menyuruh kapten Kapal Siwalima untuk menahkodainya.

“Sebenarnya kita bisa pakai kapten kapal kita Siwalima, namun kalau siwalima mau jalan sapa yang mau bawa. Ini masalahnya cuman kapten kapal,” terangnya.

Jenderal Bintang Dua Purnawirawan Polri ini mengaku kelak jika kapal tersebut tiba di Maluku, kapal itu rencananya akan melayari rute Banda-Tual.

“Kalau sudah ada langsung di bawa ke Maluku, Rutenya Banda-Tual. Ini bisa (angkut) 40 truk. Manusianya bisa dua ratusan,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!