Sekilas Info

784 Napi di Maluku Dapat Remisi Hari Kemerdekaan Indonesia, Tiga Kasus Makar Langsung Bebas

satumalukuID/Ian Toisutta Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Maluku, Andi Nurka.

satumalukuID- Sebanyak 784 Narapidana dan Anak Pidana di Provinsi Maluku mendapat remisi 17 Agustus 2020. Sembilan diantaranya langsung bebas, termasuk tiga orang kasus makar hari ini Senin (17/8/2020).

“Sebanyak 784 napi yang dapat remisi umum. Yang dinyatakan bebas sembilan se-Maluku. Lapas Ambon 3, dan Rutan Ambon 1. Yang lainnya tersebar di Kabupaten lain,” ungkap Andi Nurka, Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Maluku, kepada wartawan.

Menurutnya, yang mendapat remisi umum dari berbagai kasus. Diantaranya kasus Narkotika, Pidana Umum, Khusus dan lain sebagainya.

“Kasus narkotik, pidana umum, pidana khusus, macam-macam. Untuk tiga kasus Makar langsung bebas hari ini. Termasuk 1 dari kasus narkoba. Mereka dari Lapas (Klas IIA) Ambon,” terangnya.

Ratusan napi resmi mendapat remisi 17 Agustus 2020 ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Remisi oleh Gubernur Maluku Murad Ismail kepada 2 orang perwakilan Narapidana pada rangkaian Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Lapangan Merdeka, Kota Ambon.

Berdasarkan data yang diterima satumaluku.id, ratusan narapidana tersebut mendapat remisi bervariasi. Mereka mendapatkan potongan masa tahanan mulai dari 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 bulan. 9 diantaranya langsung bebas.

Berikut jumlah narapidana yang mendapatkan remisi hari Kemerdekaan yaitu di Lapas Klas IIA Ambon untuk Remisi Umum (RU) I sebanyak 299 dan RU II 3, menyusul Cabang Rutan Saumlaki 103, Rutan Klas IIA Ambon RU I 69 dan RU II 1 orang, Rutan Klas IIB Masohi 66, Lapas Klas IIB Piru 56, Cabang Rutan Namlea 52, Lapas Klas IIB Tual 34, LPKA Kelas II Ambon 24, Cabang Rutan Dobo 19, LPP Kelas III Ambon 17, Cabang Rutan Wahai 12, Cabang Rutan Wonreli 7, Lapas Kelas II Banda 6, Lapas Kelas III Saparua 4 dan Cabang Rutan Geser 2.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!