Sekilas Info

KESEHATAN

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Balai Kesehatan Mata Ambon – Vlissingen Tambah Peralatan Moderen

satumalukuID - Balai kesehatan mata Ambon - Vlissingen menambah peralatan kesehatan moderen untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Ambon dan Maluku. Sejumlah alat yang ditambah di antaranya Inteligent reftactor, untuk mengukur ketajaman penglihatan dan koreksi kaca mata.

"Alat tersebut katanya, digunakan untuk koreksi kaca mata, pemeriksaan retina, dan untuk pengukuran lensa intra okuler yang dipakai dalam operasi katarak," kata Kepala Balai Kesehatan Mata Ambon Vlissingen, Daniel Siegers, Sabtu (15/8/2020).

Selain itu, merupakan alat biometri untuk mengukur kekuatan lensa yang akan ditanam waktu operasi katarak, dan specular microscope untuk menilai lapisan kornea.

Sebelumnya balai kesehatan mata Ambon - Vlissingen telah menerapkan teknik fakoemulsifikasi yaitu teknik operasi mata katarak terbaru menggunakan sebuah alat khusus atau laser katarak.

"Kita pada 2019 mulai menerapkan teknik operasi fakoemulsifikasi untuk proses operasi mata khususnya katarak," ujarnya.

Katarak  secara medis tidak diobati dengan obat-obatan, melainkan harus dilakukan tindakan pembedahan atau operasi katarak. Operasi katarak  disarankan ketika penglihatan sudah terganggu dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

"Dengan teknologi dan peralatan yang modern operasi katarak tidak perlu menunggu lama atau menunggu katarak menjadi matang sebelum dilakukan operasi," katanya.

Daniel mengemukakan, peralatan di balai kesehatan mata Ambon - Vlisingen saat ini cukup lengkap untuk melayani masyarakat.

"Pemerintah kota Ambon berupaya sebisa mungkin menyediakan layanan kesehatan yang modern kepada masyarakat, " tandasnya.

Baca Juga

error: Content is protected !!