Sekilas Info

Warga Negeri Latu – Hualoy Diharapkan Tak Lagi Berkonflik Agar Infrastruktur Bisa Diperbaiki

satumalukuID - Gubernur Maluku, Murad Ismail, berharap agar Negeri Latu dan Hualoy yang kerap bertikai agar tidak lagi berkonflik. Sehingga infrastruktur rumah serta sekolah yang rusak akibat konflik beberapa waktu lalu, dapat diperbaiki, termasuk membangun masjid di ketiga negeri.

"Jika sudah tidak lagi ribut atau berkonflik, kami akan bangun kembali sekolah, rumah yang terbakar, termasuk masjid," tegas Gubernur Murad, usai meninjau Jembatan Waikaka, di Desa Taka, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Rabu (12/08/2020).

Dia katakan, apabila saat proses pembangunan ketiga fasilitas publik sedang berlangsung, dan terjadi konflik kembali, maka pemerintah tidak akan segan-segan menghentikan proses pengerjaan.

"Kami akan bangun kembali ketiga masjid ini sama persis seperti modelnya yang lama. Tujuannya agar kedepannya dapat menjadi percontohan untuk daerah-daerah lain," ujarnya.

Gubernur Murad sampaikan, pihaknya akan melibatkan konsultan gambar dalam merancang pembangunan masjid tersebut.

"Kami juga akan memperbaiki gedung sekolah yang terletak di Tomalehu serta rumah warga yang terbakar serta mengalami kerusakan," ucapnya.

Dia menambahkan, untuk anggaran akan dianggarkan melalui Balai dan Pemerintahan Provinsi Maluku.

"Nanti akan dibiayai melalui bantuan langsung dari Balai (Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XVI Maluku) dan pihak provinsi. Kita tidak akan menunggu APBD Pemkab SBB karena terlalu lama, sehingga akan segera kita selesaikan," tandasnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!