Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Kapolda dan Pangdam Pattimura Silaturahmi ke DPRD Provinsi Maluku

satumalukuID- Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman, bersilaturahmi dengan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku dan para Ketua Fraksi.

Pertemuan yang digelar di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Provinsi Maluku, Karang Panjang, Kota Ambon, Selasa (11/8/2020) ini, turut dihadiri sejumlah pejabat utama Polda Maluku dan Kodam Pattimura.

Pangdam Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman, dalam sambutannya menyentil terkait masalah Covid-19 yang saat ini sedang dihadapi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Maluku. Dia mengaku pada beberapa bulan lalu terdapat sejumlah negara sejak awal terlihat memprihatikan.

“Sekarang kita di Indonesia malah sudah mencapai urutan ke lima di dunia terdampak Covid-19. Dan ada kebijakan untuk membentuk sebuah tim khusus untuk penanganan Covid-19,” terangnya.

Agus mengaku, semua kebijakan yang diambil pemerintah untuk memutus mata rantai Covid-19 akan sia-sia jika masyarakat sendiri tidak menyadari pentingnya penerapan protokol kesehatan yang ada sudah ditentukan yakni memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun.

“Untuk bapak Kapolda Maluku dalam kesempatan ini saya menyampaikan bahwa anggota saya dari TNI kami siap semaksimal mungkin membantu kepolisian dalam proses berjalannya pesta demokrasi di Maluku," sebutnya.

Agus juga menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Maluku yang senantiasa membimbing dan mengarahkan dirinya agar selalu berdampingan untuk secara bersama mengabdi dalam memberikan keamanan khususnya di Maluku. Dia juga mengajak Forkopimda Maluku, tokoh masyarakat dan agama untuk bersama melihat kondisi Maluku saat ini dan kedepannya.

“Terima kasih buat kakak asuh saya Kapolda Maluku yang selalu membimbing dan mengarahkan saya dan kita selalu berdampingan untuk mengabdi dalam mencapai sebuah tujuan untuk keamanan di negara terutama di Maluku. Terima kasih juga buat Ketua DPRD Maluku yang menerima kami dalam kunjungan silahturahmi ini," terangnya.

Sementara itu, Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar, mengaku telah membulatkan tekad untuk siap menjadi hamba setelah ditempatkan bertugas di Negeri Para Raja-Raja ini.

“Saya salut kepada Ketua DPRD yang mana kita pernah ketemu di sebuah kegiatan di Pulau Seram dan pak Ketua langsung respon dan mendatangi saya waktu itu," kata Irjen Pol Baharudin Djafar.

Menyoal penanganan Covid-19, Baharudin berharap bisa terus bersinergi dengan TNI. Dan dirinya melihat di sejumlah daerah yang dikunjungi tampak sinegritas TNI dan Polri sangat terlihat dalam penanganan serta mengatasi permasalahan Covid di daerah masing-masing.

“Untuk gangguan kamtibmas di Maluku ini agak spesifik. Awal saya datang di sini saya cek di Maluku ini sering terjadi kekerasan dalam rumah tangga," terangnya.

Sementara untuk penanganan keamanan Pilkada, lanjut Baharudin, Presiden telah berpesan agar TNI dan Polri tetap menjaga netralitas.

“Saya mau tekankan untuk anak buah saya bahwa kalau ada yang main mata dalam terselenggara kegiatan demokrasi nanti, saya tidak segan-segan memprosesnya dan kalau dia Kapolres saya akan mencopot dari jabatannya," tegasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!