Sekilas Info

WISUDA IAIN AMBON

Di Tengah Pandemi Covid, IAIN Ambon Wisudakan 185 Sarjana dan Magister

satumalukuID- Meski di tengah pandemi Covid-19, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon tetap mewisudakan sebanyak 185 orang sarjana (S1) dan magister (S2).

Ratusan mahasiswa tersebut disahkan melalui Rapat Terbuka Luar Biasa Senat IAIN Ambon, Wisuda Sarjana Angkatan XX dan Magister Angkatan XI Tahun 2020 di lantai 3 Gedung Student Center, Kampus IAIN Ambon, Kota Ambon, Senin (10/8/2020).

Rapat Terbuka Luar Biasa dilaksanakan menggunakan protokoler Covid-19. Tak ada tamu, bahkan orang tua wisudawan yang diundang mengikuti kegiatan tersebut. Hanya senat dan 185 mahasiswa saja yang hadir dalam proses akademik tersebut.

“Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah bagi kita semua, lebih khusus adik-adik dan orang tua wisudawan. Hari ini adalah hari yang menandai akhir capaian akademik adik-adik di almamater tercinta ini,” ungkap Rektor IAIN Ambon DR. Hasbollah Toisuta dalam laporan akademiknya.

Dikatakan lebih khusus dan spesial, lanjut Hasbollah, karena wisuda kali ini diselenggarakan dalam keadaan keterbatasan bahkan keprihatinan. Di mana, saat ini semesta sedang diperhadapkan dengan pandemik Virus Covid-19. Sehingga dalam keprihatinan seperti ini, dianjurkan untuk mengikuti protokol Covid-19.

“Di berbagai kampus di Indonesia acara wisuda dilaksanakan dengan sangat dibatasi, bahkan dilakukan secara daring. Dalam perspektif inilah kami memohon maaf, karena tidak bisa melibatkan pihak luar yang lebih banyak (undangan) untuk acara wisuda kali ini. Bahkan orang tua wisudawan sendiri tidak ikut kita undang, karena harus mengikuti protokol Covid-19,” terangnya.

“Alhamdulillah, meski dalam situasi seperti tersebut kita harus memastikan bahwa proses akademik harus terus berjalan, dan sebagai bukti berjalannya proses akademik ini, kita hari ini akan melantik dan mewisuda sebanyak 185 Sarjana dan magister.”

“Masing-masing Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam sebanyak 50 Sarjana baru, Prodi Hukum Ekonomi Syariah 11, Hukum Keluarga Islam 4, Perbandingan Hukum dan Mazhab 4, Hukum Pidana Islam 6, Ekonomi Islam 25. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah sebanyak 41, masing-masing Prodi Aqidah dan Filsafat Islam 4, Komunikasi Penyiaran Islam 2, Bimbingan Konseling Islam 11, Jurnalistik Islam 7, Sosiologi Agama 16 dan Pengembangan Masyarakat Islam 1.”

“Sarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 63 Sarjana baru dengan rincian Prodi Pendidikan Agama Islam 20 sarjana, Pendidikan Biologi 26, dan Pendidikan Matematika 17. Sedangkan untuk program pascasarjana sebanyak 32 Magister baru masing-masing, magister Pendidikan Agama Islam sebanyak 18 Magister dan Hukum Keluarga Islam sebanyak 14 Magister,” tambah Hasbollah.

Dia mengungkapkan, 185 sarjana baru dan Magister tersebut telah siap mengabdikan dirinya, mengimplementasikan ilmunya untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta.

“Untuk itu atas nama Rektor dan segenap Civitas Akademika, Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada adik-adik wisudawan sekalian,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!