Sekilas Info

LUMBUNG IKAN NASIONAL

Tim Pemerintah Pusat akan ke Ambon Bahas Persiapan Lumbung Ikan Nasional

satumalukuID/istimewa Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang

satumalukuID- Tim dari Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Sekretariat Kepresidenan dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, dijadwalkan Selasa (11/8/2020), akan menyambangi Kota Ambon. Mereka datang untuk melihat dan membahas persiapan Maluku ditetapkan sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN).

“Tim ini akan dipimpin salah satu Deputi dari Kemenkomaritim dan Investasi. Mereka akan tiba hari Selasa,” ungkap Sekretaris Daerah Maluku, Kasrul Selang, kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Minggu (9/8/2020).

Tiba di Ambon, kata Kasrul, tim akan langsung melihat Pelabuhan Yos Sudarso, Jalan Yos Sudarso, dan Pelabuhan Perikanan, Jalan Sultan Hassanudin. Mereka juga akan melihat pusat LIN yang rencananya dibangun di Pelabuhan Waai-Tulehu.

“Hari Rabu (12/8/2020) baru (mereka) rapat koordinasi dengan instansi terkait," tambah Kasrul.

Kasrul mengaku kedatangan tim sangat penting. Sehingga dalam rapat bersama kela akan ada banyak hal yang nantinya dibahas. Apalagi, terdapat perwakilan dari Sekretariat Kepresidenan sebagai langkah untuk mempercepat penetapan Peraturan Presiden (Perpres) tentang LIN Maluku.

“Selama ini kan kita bahas hanya melalui vicon (video teleconference) saja. Jadi mereka mau lihat lokasinya bagaimana. Karena yang datang ini juga ada dari Tim Sekretariat Presiden untuk upaya bagaimana percepatan Perpres (LIN). Itu yang paling penting," terangnya.

Kedatangan Tim dari Pempus, lanjut Kasrul, merupakan bagian dari tindaklanjut atas respon Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terkait LIN Maluku. Beberapa waktu lalu, Menteri KKP Edhy Prabowo telah mengeluarkan surat persetejuan.

“Grand design sudah siap, nanti kita (Provinsi) akan paparkan dulu. Kan secara vicon setiap dua kali seminggu, Dinas Perikanan paparkan, tinggal mereka datang lihat lokasi. Yang paling penting kita punya penyediaan lahan,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!