Sekilas Info

PILKADA 2020

Bupati SBT Yakinkan Kapolda Maluku Pilkada di Daerahnya Aman dan Kondusif, Ini Alasannya

satumalukuID- Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mukti Keliobas, meyakinkan Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharudin Djafar, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun ini akan berlangsung aman dan kondusif. Alasannya adalah seluruh masyarakat SBT adalah saudara.

Keyakinan Bupati disampaikan langsung kepada Kapolda dalam forum diskusi Duduk Bacarita Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), Jumat (7/8/2020).

Duduk Bacarita Kamtibmas sendiri merupakan rangkaian kegiatan dari kunjungan kerja yang dilakukan orang nomor 1 Polri di Provinsi Maluku tersebut di Kabupaten penghasil minyak ini. Dia didampingi Karo OPS, Direktur Intelkam, dan Direktur Krimum Polda Maluku.

Kegiatan itu turut dihadiri Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar, Danyon 731/Kabaresi Letkol Yoyok Wahyudin, Ketua Pengadilan, Kepala Kandepag, Ketua MUI, Ketua Klasis, dan sejumlah tokoh masyarakat, maupun pemuda.

Bupati Mukti Keliobas, memberikan apresiasi kepada Kapolda yang jauh-jauh hadir untuk melihat langsung kondisi SBT serta menyempatkan waktu menghadiri forum diskusi Duduk Bacarita Kamtibmas tersebut.

Mukti juga memberikan apresiasi kepada jajaran kepolisian atau Polres SBT yang telah membantu Pemerintah maupun masyarakat daerah ini untuk mensukseskan beberapa program, kaitannya dengan penanganan Covid-19.

Orang nomor 1 di Kabupaten berjuluk Ita Wotu Nusa ini juga mengapresiasi Polres SBT dengan program Kampung Tangguh Nusantara sandang pangan yang telah secara bersama-sama melakukan penen raya kemarin.

“Kemarin sudah kami panen dan dibagikan kepada semua warga masyarakat terutama warga masyarakat Kabupaten Seram Bagian Timur," kata Mukti.

Dalam pemaparannya menjelang Pilkada, Mukti menyampaikan SBT terdapat 15 Kecamatan. Seluruh kecamatan memiliki hubungan baik yang sudah terbangun selama ini. Dari satu kecamatan ke kecamatan lainnya, memiliki hubungan kekeluargaan yang luar biasa.

"Kalau sering kita dengar di Kabupaten lain sering terjadi konflik yang luar biasa, tapi kami yakin dan percaya bahwa Kabupaten Seram Bagian Timur ini memiliki hubungan kekeluargaan yang luar biasa. Seberat apapun perbedaan yang terjadi namun kalau kita letakkan dalam kekeluargaan Insya Allah aman dan kondusif," kata Mukti yakin.

Sementara itu, Kapolda Maluku Baharudin Djafar, mengatakan, program Duduk Bacarita Kamtibmas ini bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat. Kegiatan ini, tambah Baharudin, juga memiliki nilai kearifan lokal.

“Duduk Bacarita Kamtibmas ini harus terus ada di Kabupaten Seram Bagian Timur," harap jenderal bintang dua polri ini.

Mantan Kapolda Sulawessi Barat ini menyampaikan pesan Menteri Dalam Negeri terkait pelaksanaan pilkada. Beliau menginginkan pesta demokrasi dapat dijadikan sebagai momentum melahirkan konsep pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19.

Tak hanya menyelesaikan masalah penyebaran virus, namun Baharudin juga berharap mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta pemberian bantuan sosial.

“Saya sudah perintahkan seluruh Kapolres, bantuan sosial yang datangnya dari pusat kah atau dari pemerintah daerah harus terbuka dalam penyalurannya jangan sampai disalah gunakan atau tidak tepat sasaran," ingatnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!