Sekilas Info

PILKADA 2020

Bawaslu dan KPU Maluku Diharapkan Tidak Main-main Awasi Pilkada di Empat Kabupaten

satumalukuID/Istimewa Kepala Kepolisian Daerah Maluku Inspektur Jenderal Polisi Baharuddin Djafar (kanan), saat menerima kunjungan silaturahmi dari Ketua Bawaslu Maluku Abdullah Elly (kiri) dan sejumlah Komisioner di Mapolda Maluku, Kota Ambon, Rabu (5/8/2020).

satumalukuID- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku diharapkan tidak main-main untuk menyelenggarakan dan mengawasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, yang akan berlangsung di empat kabupaten yaitu Buru Selatan, Seram Bagian Timur, Maluku Barat Daya dan Kepulauan Aru.

Hal itu disampaikan Kepala Kepolisian Daerah Maluku Inspektur Jenderal Polisi Baharuddin Djafar, saat menerima kunjungan silaturahmi dari Ketua Bawaslu Maluku Abdullah Elly dan sejumlah Komisioner di ruang kerja Kapolda, Mapolda Maluku, Kota Ambon, Rabu (5/8/2020).

Didampingi sejumlah pejabat utama diantaranya Kepaka Biro Operasional (Karo OPS), Direktur Intelkam, dan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Maluku, orang nomor 1 Polda Maluku ini berharap agar kedua institusi yaitu Bawaslu dan Polda Maluku selalu berkoordinasi dan bersinergi.

“Terima kasih atas kehadirannya. Kita harus sering berkordinasi dan bersinergi dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada di Maluku," ujar Baharuddin.

Pertemuan tertutup yang dilakukan kedua institusi tersebut membahas seputar proses pengawasan Pilkada serentak tahun 2020. Tujuannya untuk menyatukan pikiran agar bisa mencegah terjadinya kecurangan, seperti keberpihakan alias ketidaknetralan personel baik Polri maupun Bawaslu sendiri.

“Pesan kami jangan sampai anggota di lapangan main-main dalam pelaksanaan tugasnya, kita harus selalu melakukan pengawasan. Bagaimana kita menyatukan pemikiran apabila ada gejala anggota kita yang main-main agar segera kita tindak. Saya mau kita bersama kerja benar," tandas Baharuddin.

Dia menegaskan dirinya akan konsisten untuk mengamankan pelaksanaan pentahapan Pilkada. Bawaslu dan KPU Maluku, kembali ditekankan untuk tidak main-main dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya secara baik.

“Saya konsisten untuk mengamankan pelaksanaan tahapan Pilkada di Maluku. Apabila selama saya di sini ada anggota yang melakukan kesalahan akan kami proses sesuai prosedur. Satukan niat untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada di Provinsi Maluku," harapnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!