Sekilas Info

Menhub Berikan Kapal Roro Bahtera Nusantara 02 untuk Pemprov Maluku

satumalukuID/Humas Pemprov Maluku Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi (kanan), saat menyerahkan secara resmi pengoperasian Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Bahtera Nusantara 02 kepada Gubernur Maluku, Murad Ismail (kiri), bertempat di Hotel Mulia, Jakarta, (5/8).

satumalukuID - Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sunandi, berharap dengan beroperasinya KMP Bahtera Nusantara 02 yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Maluku melalui Perusahaan Daerah (PD) Panca Karya, dapat membantu Gubernur Maluku dalam mendukung konektivitas antar wilayah.

"Khususnya untuk aksesibilitas di beberapa pulau di Kepulauan Maluku. KMP Bahtera Nusantara 02 sudah dapat didatangkan ke Maluku untuk pengoperasiannya," jelas Budi saat menyerahkan secara resmi pengoperasian Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Bahtera Nusantara 02, kepada Gubernur Maluku, di Hotel Mulia, Jakarta (05/08/2020).

Dia katakan, untuk proses selanjutnya Pemerintah Provinsi Maluku berkoordinasi dengan pihak kapal.

"Semoga kehadiran KMP Bahtera Nusantara 02 dengan kapasitas 1500 GT di Maluku dapat membantu Gubernur dalam mendukung keberlangsungan ekonomi, distribusi logistik, serta pengembangan pulau-pulau dan daerah sekitarnya," harapnya.

Budi menambahkan, bahwa pihaknya berharap manajemen pengelolaan KMP Bahtera Nusantara 02 nanti, dapat membantu pengoperasiannya, dan tidak terjadi mangkrak seperti lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Maluku, Murad Ismail, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Menteri Perhubungan atas perhatian yang diberikan kepada Provinsi Maluku.

"Maluku membutuhkan banyak kapal motor penyeberangan antar pulau, mengingat karakteristik geografis daerah ini yang kepulauan dan memiliki wilayah laut yang luas," ucapnya.

Menurut Gubernur Murad, KMP jenis Roro tersebut sangat strategis untuk mendukung akses penyebaran di Maluku yang 92,4 persen dari wilayah Maluku seluas 712.480 kilometer persegi merupakan laut dengan 1.340 buah pulau.

"Kapal Roro Bahtera Nusantara 02 ini sangat membantu kami, terutama dalam membuka akses perhubungan antar pulau di Maluku," ungkapnya.

Gubernur Murad juga menuturkan, jika pihaknya masih membutuhkan beberapa kapal lagi, namun untuk sementara ini telah terbantu untuk kebutuhan akses penyebrangan di wilayah Maluku.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!