Sekilas Info

Temui Kapolda Maluku, Pangdam Pattimura Mengaku Siap Bersinergi Amankan Pilkada

satumalukuID- Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman datang menemui Kapolda Maluku Irjen POL Baharudin Djafar. Pangdam mengaku siap bersinergi dengan Kapolda untuk mengamankan jalannya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 di Maluku.

Agus datang tidak sendiri. Dia diampingi sejumlah pejabat utama Kodam XVI/Pattimura. Rombongan disambut langsung oleh Kapolda dan Wakilnya Brigjen POL Jan de Fretes, serta sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda Maluku lainnya.

Pertemuan para perwira tinggi dan menengah di lingkungan kedua angkatan bersenjata di Provinsi Maluku ini berlangsung di Ruang Rapat Utama, Markas Polda Maluku, Kota Ambon, Selasa (4/8/2020).

Pangdam Pattimura, Agus Rohman, mengatakan, kedatangan pihaknya dalam rangka bersilaturahmi. Sekaligus juga ingin meminta masukan dari Kapolda. Sebagai orang baru, Agus juga mengaku perlu banyak bertanya dari rekan-rekan PJU Polda Maluku.

“Kami mengetahui di sini kerap terjadi konflik, saya selaku Panglima yang baru dalam pelaksanaan tugas, kita jangan lupa berserah kepada Allah SWT. Saya juga minta PJU Kodam Pattimura harus sering bersinergitas, bekerja sama untuk kenyamanan di negeri raja raja ini,” kata Agus.

Menurutnya, ancaman sering datang dari luar maupun dalam negeri sendiri. Sebesar apapun ancaman yang terjadi baik dari dalam maupun luar, adalah merupakan tugas utama TNI dan Polri.

“Ancaman-ancaman yang sering terjadi dari luar mau pun dari dalam negeri ini, itu adalah tugas utama kami dalam kinerja TNI-Polri," terangnya.

Dia mengatakan, di Maluku terdapat 4 Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada secara serentak. Yaitu Kabupaten Buru Selatan, Seram Bagian Timur, Maluku Barat Daya dan Kepulauan Aru. Pihaknya, lanjut Agus, siap bersinergi bersama Polda Maluku dalam mengamankan jalannya pelaksanaan Pilkada nantinya.

“Dalam pilkada yang terselenggara nanti, kami akan berusaha semaksimal mungkin dalam menuntaskan dan mengamankan pilkada serentak di Maluku ini," terangnya.

Sementara itu, Kapolda Maluku Baharudin Djafar, menyambut baik serta berterima kasih atas kunjungan silaturahmi yang dilakukan Pangdam beserta PJU Kodam Pattimura.

“Kurun waktu 6 bulan bertugas, berbagai persoalan Kamtibmas terjadi di wilayah hukum Polda Maluku diantaranya kejadian pertikaian antar desa dan masalah konflik vertikal dan horizontal,” kata Baharudin.

Terkait Pilkada, Baharudin mengaku pernah membahasnya bersama mantan Pangdam lama. Dia bersama PJU Polda Maluku senantiasa mengutamakan sinergitas antara TNI dan Polri, yang sudah terjalin erat selama ini.

"Untuk mengamankan pilkada nanti, ada juga instansi lain dalam hal ini Gakumdu yang melibatkan kejakasaan tinggi Maluku dan Bawaslu untuk kita bersama bergandengan tangan untuk mengawal proses perjalanan tahapan Pilkada yang berlangsung di beberapa kabupaten di Maluku," katanya.

Baharudin berharap kerja sama yang baik antar PJU Kodam Pattimura dan Polda Maluku terus terbina selamanya, terutama As OPS dan Karo OPS agar saling berkoordinasi.

“Kami dari pihak TNI-Polri dalam pergerakan tugas dan operasional kedepannya sangat membutuhkan kinerja dan sinergitas yang baik dari dua satuan kerja ini," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!