Sekilas Info

Polda Maluku Lepas Mantan Pangdam XVI/Pattimura Dengan Tradisi Pedang Pora

satumalukuID/Ian Toisutta

satumalukuID- Kepolisian Daerah Maluku dipimpin Kapolda Irjen Pol. Baharudin Djafar, melepas mantan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI DR. Marga Taufiq ke tempat tugas baru yaitu sebagai Perwira Ahli Kasad TK III Bidang Sosbud Hankam dan Narkoba.

Proses pelepasan melalui upacara kehormatan Pedang Pora berlangsung di Markas Komando Satuan Brimob Daerah Maluku, Tantui, Kota Ambon, Kamis (30/7/2020).

Jenderal TNI Bintang Dua itu dilepas oleh Kapolda dan seluruh pejabat utama maupun personel Polda Maluku. Pelepasan sebagai wujud sinergitas TNI dan Polri di Maluku ini, juga dihadiri Mayjen TNI Agus Rohman, Panglima Kodam XVI/Pattimura yang baru beserta jajarannya.

Tampak, Marga Taufiq dan istri berjalan dibawah hunusan pedang para perwira pertama Brimob Maluku, sambil diiringi alunan lagu perpisahan. Dia dan istri terlihat melambaikan tangan tanda kepada semua pejabat TNI dan Polri serta prajurit Brimob Maluku.

Satu tahun tujuh bulan, Marga Taufiq mengabdi sebagai Pangdam XVI/Pattimura yang meliputi Provinsi Maluku dan Maluku Utara. Sebelum berjalan menuju mobil, Dia terlebih dahul menanam pohon Torem di pojok lapangan upacara Markas Brimob Maluku.

Pohon Torem hanya ada 2 di dunia. Yaitu di Brasil dan Indonesia. Di Indonesia sendiri pohon itu merupakan endemik Maluku tepatnya di Tanimbar.

“Ini adalah tradisi yang kita buat untuk memperlihatkan sinergitas antara TNI Polri. Tradisi ini sampai akhir kita (bertugas) di suatu tempat,” kata Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar.

Baharudin mengaku, sinergitas TNI dan Polri harus terus dipertahankan. Sinergitas mutlak dijunjung tinggi karena di Maluku menjadi contoh laboratorium perdamaian.

“Maluku ini pernah menjadi contoh bahwa sinergitas TNI Polri nampak di negeri para raja ini,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!