Sekilas Info

BLOK MASELA

Legislator Asal Maluku Tegaskan Informasi Serapan Kebutuhan SDM Blok Masela Harus Dibuka

satumalukuID/Istimewa Anggota Komisi VII DPR RI, Saadiah Uluputty ST.

satumalukuID - Anggota DPR RI Saadiah Uluputty menegaskan,  serapan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang bakal terlibat dalam proyek Blok Masela, perlu dibuka terutama soal jumlah dan formasi yang dibutuhkan.

“Formasi dan kebutuhan ini dibutuhkan oleh pemerintah daerah, agar sejak dini Pemerintah Daerah Maluku termasuk pemerintah kabupaten dan kota di daerah ini, bisa membuat pemetaan dan penyiapan kebutuhan SDM tersebut," tandas legislator asal Daerah Pemilihan (Dapil) Maluku ini, di Ambon, Rabu (29/7/2020).

Dia menyebut, DPR dan pemerintah daerah memang harus pro aktif mengawal ketersediaan dan serapan SDM Lokal ini, sehingga ada kejelasan akses SDM Maluku untuk bekerja di proyek Blok Masela.

“Di Komisi VII pada waktunya saat rapat dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), akan kami pertanyakan dan minta penjelasan soal pemetaan kebutuhan tenaga kerja di Blok Masela," janji Saadiah.

Dirinya juga mendorong agar Pemerintah Provinsi Maluku dapat menggagas kemungkinan kesepakatan atau MoU dengan SKK Migas dan Investor (Inpex), untuk kejelasan serapan tenaga kerja dari SDM Maluku.

“Semua pintu kita manfaatkan," ujar anggota Komisi VII, dari Partai Keadilan Sejahtera ini.

Jika pola ini dapat dimulai, maka menurut Saadiah, penyediaan SDM Maluku dapat diperkuat dengan program pembiayaan pendidikan lanjut dan pelatihan-pelatihan peningkatan kompetensi yang dibutuhkan.

“Agar anak – anak Maluku menjadi tenaga yang siap pakai pada proyek Blok Masela," kata Saadiah.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!