Sekilas Info

Harga Ayam Potong di Pasar Mardika Ambon Melonjak Jelang Iduladha

satumalukID/Embong Salampessy Pedagang ayam potong di Pasar Arumbai, kawasan Mardika, Kota Ambon.

satumalukuID - Harga ayam potong di Pasar Arumbai, Mardika, Kota Ambon melonjak, dua hari menjelang Iduladha.

“Sudah dua hari ini harga ayam potong naik. Biasanya kami jual per kilogram Rp.18.000. Sekarang kami jual Rp.28.000 per kilogramnya,” ujar Farid, salah seorang pedagang di Pasar Mardika, kepada satumalukuID, satumalukuID, Kamis (30/7/2020).

Padahal menurut dia, ayam potong ini tidak didatangkan dari luar Pulau Ambon, yang kemungkinan berpengaruh pada harganya.

“Ayam ini kami pasok dari Ambon saja. Ada beberapa peternakan besar di Pulau Ambon, antara lain di daerah Seri dan Leahari (Kota Ambon), serta di Desa Waai (Kabupaten Maluku Tengah),” terangnya.

Farid yakin, usai lebaran Iduladha harga ayam potong akan kembali normal seperti sebelumnya.

Pantauan satumalukuID, los ayam dan daging di Pasar Arumbai, ramai dengan pembeli. Ini berlangsung sejak pagi hingga sore harinya. Bahkan satu-satunya ruas jalan raya yang ada di depan pasar ini macet pada siang hingga sore hari.

Sayangnya tidak semua pedagang maupun pembeli pada pasar terbesar di Kota Ambon ini mematuhi protokol kesehatan Covid-19, padahal saat ini sementara diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi.

Ini terlihat dari masih banyaknya pedagang maupun pembeli yang tidak menggunakan masker. Kalau pun memiliki masker, sebagian besar hanya menutupi bagian mulut atau dagu, bahkan ada yang digantung begitu saja di dada.

Kepadatan pengunjung dan lapak-lapak yang mepet satu dengan yang lain di Pasar Mardika ini, tidak memungkinkan warga yang ada untuk menjaga jarak.

“Jaga jarak seng mungkin lai pak. Yang penting katong pake masker dan bawa hand sanitaser saja jua,” ujar Nur, salah satu pembeli ayam potong, kepada satumalukuID.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!