Sekilas Info

Empat Calon Taruna Akpol dari Polda Maluku Dikirim ke Semarang

satumalukuID/Istimewa

satumalukuID- Wakil Kapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, memimpin sidang terbuka penetapan kelulusan tingkat daerah penerimaan Taruna Akpol dan kelulusan akhir penerimaan Tamtama Polri tahun 2020, Panda Maluku, Kamis (30/7/2020).

Pelaksanaan sidang terbuka tersebut digelar di Ruang Rapat Utama Markas Polda Maluku, Kota Ambon. Turut hadir Irwasda Maluku, Direktur Reskrimum, Direktur Samapta, Direktur Pamobvit, Kepala SPN, Kabid Propam, dan Kabid Dokkes Polda Maluku.

Karo SDM Polda Maluku Kombes Pol Dwita Kumu Wardana, mengatakan, hasil seleksi calon Taruna Akpol dan Calon Siswa Tamtama Polri paling lambat 3 Agustus 2020. Untuk calon Taruna Akpol harus sudah tiba di Semarang dan Calon Siswa Tamtama harus sampai di Pusdik Brimob dan Pusdik Polair.

"Untuk Calon Taruna Akpol tersisa 8 orang, Calon Siswa Tamtama Brimob tersisa 6 orang, Calon Siswa Tamtama Polair tersisa 7 orang," Kata Dwita Kumu Wardana.

"Sementara untuk kuota pengiriman, kami masih menunggu kuota dari Mabes Polri sehingga hasil seleksi ini akan disesuaikan dengan kuota yang akan dikirimkan dari Mabes,” tambahnya.

Sementara itu, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, mengaku dalam setiap penerimaan anggota polri, pihaknya telah berjanji untuk mencegah dan tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Seluruh pentahapan seleksi penerimaan anggota Polri, tambah orang nomor 2 Polda Maluku itu, telah dilalui sesuai dengan ketentuan dari panitia pusat.

"Keberhasilan bersama dalam pelaksanaan seleksi penerimaan anggota Polri tahun 2020 akan berdampak pada terwujudnya aparat kepolisian yang dapat mengemban tugas-tugas sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat," jelasnya.

Jenderal bintang 1 polri di pundaknya itu meminta peserta seleksi agar memperhatikan beberapa hal penting untuk dipedomani dan dilaksanakan diantaranya keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

"Kepada Calon Taruna Akpol yang dinyatakan lulus terpilih tingkat daerah agar tetap menjaga kondisi fisik dan kesehatan untuk menghadapi tahapan seleksi tingkat pusat," pintanya.

Jan de Fretes juga meminta Casis Tamtama agar dapat menjaga kondisi fisik dan siapkan mental dalam mengikuti pendidikan dan pembentukan Tamtama Polri tahun 2020. Tingkatkan disiplin dan hindari berbagai pelanggaran dalam mengikuti pendidikan.

"Jadilah anggota Polri yang bertanggung jawab san peduli terhadap setiap tugas yg diemban serta selalu menjngkatkan pengetahuanbdan keterampilan dalam pelaksanaan tugas sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat yang mahir, terpuji dan patuh hukum," ingatnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M. Roem Ohoirat menjelaskan, bahwa untuk Calon Tamtama yang lulus yaitu dari Brimob 6 orang dan Polairud 7 orang.

“Untuk Akpol yang tersisa 8 orang tapi yang dipanggil ke Semarang 4 orang. Diantaranya; Brandon Steyer Sefanya Manuhutu, Alonso Roby Gray Litaay, Bintang Parninggotan Hutaheaan, dan Fadilah Putra Pratama. Mari kita doakan semoga perwakilan Maluku bisa lolos semuanya nanti,” pintanya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!