Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Anggota DPR Asal Maluku Bicarakan Wabah Covid-19 dan Pilkada Rawan di Maluku Barat Daya dengan Kapolda

satumalukuID/Istimewa

satumalukuID- Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar disambangi anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sosial, Saadiah Uluputty. Anggota dewan dari daerah pemilihan Provinsi Maluku ini berkunjung untuk bersilaturahmi di ruang kerja Kapolda, Mapolda Maluku, Kota Ambon, Kamis (30/7/2020).

Didampingi Irwasda, Karo Ops dan Direktur Intelkam Polda Maluku, jenderal bintang dua itu menyampaikan tiga hal dan berdiskusi dengan Saadiah yang sedang jalankan reses masa sidang IV tahun 2020 di Maluku. Yakni mengenai Gunung Botak, Pilkada di 4 Kabupaten dan Covid-19.

“Terkait gunung botak, kami menyampaikan perlu duduk bersama untuk kepentingan masyarakat. Benar penguasaan dan pengolahannya oleh pemerintah, tetapi untuk kepentingan masyarakat agar dimanfaatkan dengan baik," kata Baharudin.

Terkait pertambangan di Maluku, lanjut Baharudin, bukan saja Gunung Botak, namun terdapat beberapa gunung lainnya. Namun, terkait pertambangan tersebut, polisi hanya berada pada tataran pengamanan.

"Di situ kami menyampaikan bahwa untuk regulasi/aturan kami tidak ikut, apabila dikelola dengan professional pasti akan menguntungkan semua pihak," ujarnya.

Terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Maluku terdapat 4 Kabupaten yang akan melaksanakan. Adalah Buru Selatan, Seram Bagian Timur (SBT), Maluku Barat Daya (MBD) dan Kepulauan Aru. Dari 4 daerah itu, ada beberapa yang dianggap bisa timbulkan kerawanan seperti di MBD.

Untuk di Buru Selatan, mantan Kapolda Sulawessi Barat ini mengaku akan segera membentuk Polres. Tujuannya agar pelayanan Kepolisian kepada Masyarakat dapat lebih cepat tertangani dari sisi keamanan dan ketertiban.

“Kesiapan pengamanan Pilkada ini, kami akan “Road Show” keliling ke setiap Polres Kabupaten yang melaksanakan Pilkada. Kemarin kami baru kembali dari Pulau Buru, direncanakan minggu depan akan berangkat ke SBT mengecek kesiapan di sana," terangnya.

Menyoal mengenai penanganan Covid-19, orang nomor 1 Polri di Provinsi Maluku ini mengaku agar lebih menggiatkan sosialisasi penerapan protokol kesehatan dan adaptasi kebiasaan baru secara bersama-sama.

"Kami berterima kasih kepada Sekda Maluku yang aktif dalam setiap penanganan dan sosialisasi terkait Covid-19 ini, selain itu di daerah juga para Dandim dan Kapolres jajaran juga saling membantu dan bergandeng tangan bersama-sama menangani Pandemik ini," tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!