Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Puluhan Pegawai BPOM Ambon Terpapar Covid-19, Rata-Rata Tanpa Gejala

satumalukuID/Ian Toisutta Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Provinsi Maluku, Kasrul Selang.

satumalukuID- Puluhan pegawai Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Ambon, terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Mereka saat ini dikarantina di BPSDM Maluku di Kota Ambon. Sebab, mereka rata-rata tidak menunjukan gejala virus korona tersebut.

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Provinsi Maluku, Kasrul Selang, mengakui tertularnya puluhan pegawai BPOM Ambon tersebut. Tapi dirinya belum dapat memastikan jumlah pegawai BPOM Ambon yang terinfeksi.

“Balai POM ada beberapa orang yang terpapar. Yang terpapar antara 20 sampai 24 orang. Mereka dirawat di BPSDM. Mereka terpapar cukup besar seperti di Tulehu. Tapi rata-rata tidak bergejala,” ungkap Kasrul kepada wartawan, Selasa (28/7/2020).

Dari puluhan pegawai tersebut, Kepala BPOM Ambon, Hariani, berdasarkan informasi yang diterima juga diduga terinfeksi korona. Tapi Kasrul mengaku belum bisa memastikan kebenaran dari kabar tersebut.

“Beta juga dengar begitu lai (Kepala BPOM terpapar Covid), tapi beta mau klarifikasi dulu, tapi kalau memang termasuk (tertular), ya katong berempati, berdoa semoga mereka cepat sembuh,” harap sekretaris daerah Maluku itu.

Meski belum mengetahui pasti kondisi kepala BPOM Ambon, namun Kasrul memastikan jika puluhan pegawai terpapar korona tersebut tidak termasuk mereka yang bertugas sebagai analis Covid-19 di Provinsi Maluku.

“Yang terpapar ini bukan mereka-mereka yang analis. Ada 11 analisis tadi beta cek justru seng terpapar termasuk OB-nya 2 orang yang bertugas di daerah-daerah infeksius (rawan/laboratorium Covid),” jelasnya.

Lantas, puluhan pegawai BPOM Ambon itu tertular korona dari mana, Kasrul belum mengetahuinya secara pasti. Namun dirinya menduga kuat mereka tertular setelah beraktivitas di luar kantor.

“Kemungkinan mereka terpapar dari luar, karena barang ini sudah ada di komunitas, bisa saja di mobil, rumah kopi. Makanya anjuran pakai masker, jaga jarak, cuci tangan,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!