Sekilas Info

PD Panca Karya Dinilai Strategis Tunjang Otonomi Daerah Maluku

satumalukuID/Istimewa Kantor Gubernur Maluku di Ambon

satumalukuID - Direktur Perusahaan Daerah (PD) Panca Karya, Rusdy Ambon, optimis jika pihaknya dapat berkontribusi yang signifikan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Maluku.

"Sebagai perusahaan milik daerah, PD Panca Karya memiliki kedudukan sangat penting dan strategis dalam menunjang otonomi daerah," terang Rusdy di Ambon, Senin (27/07/2020).

Oleh sebab itu, menurut dia perusahaan tersebut harus dioptimalkan pengelolaannya agar dapat benar-benar menjadi kekuatan ekonomi yang handal.

"Dengan begitu kita dapat berperan aktif, baik dalam menjalankan fungsi dan tugas, maupun sebagai kekuatan perekonomian daerah. Sudah semestinya sebagai perusahaan milik daerah ada dana penyertaan modal dari pemerintah daerah, sehingga optimalisasi sumber-sumber usaha perusahaan ini dapat bergerak termasuk untuk meningkatkan performa perusahaan," ucapnya.

Rusdy mengungkapkan, bahwa pihaknya telah mengajukan permohonan dana pernyataan modal kepada Pemerintah Provinsi Maluku sebesar Rp.12 miliar.

"Dana tersebut akan diperuntukkan bagi pembangunan Kantor PD Panca Karya, guna memperbaiki performa perusahaan yang sempat terpuruk oleh manajemen sebelumnya," ujar Rusdy.

Namun dia katakan, usulan dana sebesar Rp.12 miliar tersebut mendapat pemotongan sebesar 50 persen, sebab sebagiannya digunakan untuk penanganan wabah Covid-19.

"Pembangunan gedung kantor tersebut untuk menunjang kinerja dan operasional sehari-hari perusahaan. Mudah-mudahan kita sudah dapat mulai membangun kantor baru dua lantai. Lantai bawah akan digunakan Panca Karya dan lantai dua dapat kami sewakan," terangnya.

Menurut Rusdy, hal tersebut membutuhkan proses dan waktu. Namun pihaknya optimis jika perusahaan dapat dikelola secara akuntabel dan profesional, serta mendapat dukungan dari pemerintah daeah, maka kedepannya akan memberikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang signifikan bagi Maluku.

"Terdapat tiga kunci utama untuk membuat PD Panca Karya semakin sehat dan maju, yakni komitmen pimpinan, dukungan manajerial dari SDM, serta dukungan dari kepala daerah sebagai pemilik," tegasnya.

Dia meyakini, jika tiga faktor tersebut dapat berjalan dengan baik, maka perusahaan tersebut menjadi semakin mandiri dan sehat.

"Selain itu kehadiran perusahaan ini akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi daerah. Kami juga bersyukur sebab Gubernur Maluku, Murad Ismail, sangat memberikan dukungan positif bagi keberadaan dan kemajuan PD Panca Karya sebagai perusahaan milik daerah," pungkasnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!