Sekilas Info

Bantu Akses Jalan Masyarakat, Koramil Werinama Bangun Jembatan Darurat

satumalukuID/Penrem Binaiya Aparat Koramil Werinama dan masyarakat setempat memangun jembatan darurat bagi masyarakat di Desa Tobo, Kecamatan Werinama, Kabupaten Seram Bagian Timur.

satumalukuID - Curah hujan yang cukup tinggi pada beberapa daerah di Maluku, berdampak pada terganggunya jembatan dan jalan sebagai akses transportasi. Salah satunya, misalnya luapan Sungai Waiulil di Desa Tobo, Kecamatan Werinama, Kabupaten Seram Bagian Timur, yang memutus akses jalan masyarakat desa ini untuk menuju ke Desa Batuasa.

Keterangan yang didapat satumalukuID dari Penerengan Korem 151/Binaiya, Senin (27/7/2020), menyebutkan bahwa menyikapi kondisi di Werinama tersebut, pihak
Koramil 10/Werinama, pada Kodim 1502/Masohil menggelar kegiatan karya bhakti pembuatan jembatan kayu dengan ukuran 2 x 16 meter di Sungai Waiulil, Desa Tobo, Minggu kemarin (26/7/2020).

Kegiatan Karya Bhakti ini dipimpin langsung oleh Komandan Koramil 1502-10/Werinama Kapten Inf. Bambang Setiono ini melibatkan tujuh (7) orang anggotanya, serta aparat desa dan masyarakat setempat sebanyak 20 orang.

Kapten Inf. Bambang menyebutkan, jembatan yang dibangun dari kayu ini, sangat vital karena menjadi jalur utama laju perekonomian masyarakat setempat.

"Jembatan yang terputus akibat banjir ini, biasanya bukan hanya bisa dilalui orang, tetapi juga dillewati sepeda motor untuk memudahkan masyarakat Desa Tobo," ujarnya.

Dia katakan, sebagian masyarakat di darah tersebut berprofesi sebagai petani ladang dan kebun, yang melintasi jembatan tersebut. Akses ini juga mereka gunakan menuju desa tetangga dan ke ibukota kecamatan, ternasuk dilewati anak-anak untuk pergi ke sekolah.

Kegiatan karya bhakti ini, disebut Bambang merupakan bagian dari tugas TNI dalam Kemanunggalan dengan rakyat, demi membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut dia, masyarakat setempat sangat menyambut baik dan senang dengan telah dibangunnya jembatan kayu yang dibuat aparat TNI tersebut, yang pembangunannya juga ada keterlibatan anggota Bhabinkamtibmas, sebagai wujud dari sinergitas TNI/Polri dalam kebersamaan demi kesejahtraan dan kenyamanan masyarakat.

"Karya bhakti pembuatan jembatan kayu ini dalam rangka upaya Koramil Werinama beserta masyarakat, untuk tetap mampu melakukan aktifitas ekonomi dan mendorong kesejahteraan masyarakat di tengah pandemik Covid-19 saat ini," pungkasnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!