Sekilas Info

Mogok Gara-gara Gearbox Patah di Laut Banda, Nahkoda KM. Valentine Menolak Evakuasi Penumpang

satumalukuID/Istimewa KM. Valentine yang sementara mogok, saat didekati kapal Tim SAR Ambon.

satumalukuID- Tim SAR Pos Banda dikerahkan menuju KM. Valentine yang mogok di perairan laut sebelah Barat Pulau Manukang, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah. Kapal mogok akibat gearbox patah. Tapi nahkoda yakinkan tim SAR bisa diperbaiki. Dia menolak 40 orang penumpang dievakuasi ke daratan.

Kabar trouble engine atau gangguan mesin kembali diterima jajaran Kantor Pencarian dan Pertolongan/Badan SAR Nasional (Basarnas) Ambon, Minggu (26/7/2020) sekira pukul 08.03 WIT. Insiden membahayakan manusia di laut itu datang dari nahkoda KM. Valentine.

“Hari ini kami terima informasi dari nahkoda KM Valentine bahwa di sekitar perairan Pulau Run, Banda, terjadi kerusakan mesin. Gearbox-nya rusak sehingga tidak bisa melanjutkan pelayaran dan mohon bantuan SAR untuk dievakuasi korban yang ada di atas sebanyak 40 orang,” kata Djunaidi, kepala Basarnas Ambon.

Mendapat laporan itu, tim SAR Pos Banda dikerahkan pukul 08.23 WIT menggunakan tiga unit long boat yang berkapasitas masing-masing 15 orang untuk menjemput korban.

“Setelah anggota tiba di lokasi kapal, ternyata nahkoda tidak mau mengevakuasi seluruh penumpang dan ABK-nya, karena nahkoda dan kepala kamar mesin mengaku bisa memperbaiki kerusakan,” tambah Djunaidi.

Setelah memastikan pernyataan nahkoda dan pemilik kapal bahwa kerusakan mesin tersebut dapat diperbaiki untuk melanjutkan perjalanan, tim SAR akhirnya kembali.

“Dengan pernyataan yang dibuat bersama pemilik kapal dan nahkoda, sehingga kami meyakinkan bahwa kapal tersebut bisa melanjutkan perjalanannya,” terangnya.

Djunaidi mengaku kapal penumpang tersebut bergerak dari Agaks hendak menuju Binongko, Sulawessi Tenggara.

“Saat tiba di Banda, operasi SAR kami nyatakan selesai setelah kembali pukul 13.00 WIT,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!