Sekilas Info

PLN Pulihkan 100% Sistem Kelistrikan Pasca Banjir dan Longsor di Seith -Negeri Lima Ambon

satumalukuID/Humas PLN Maluku

satumalukuID- PLN berhasil memulihkan kembali sistem kelistrikan pasca banjir dan longsor yang terjadi di Desa Seith-Desa Negeri Lima, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Pulau Ambon).

Manager PLN UP3 Ambon, Husein Sobri, mengatakan, dalam pemulihan sistem kelistrikan di sana, pihaknya mengerahkan 36 personil UP3 Ambon dan Unit Layanan Pelanggan (ULP) Hitu.

“Alhamdulillah, pada pukul 18.00 WIT hari Kamis (23/7/2020) kemarin, kami telah berhasil memulihkan 100% sistem kelistrikan pasca banjir dan longsor di Desa Seith – Desa Negeri Lima,” kata Husein kepada wartawan, Jumat (24/7/2020).

Husein mengaku, longsor yang terjadi akibat intensitas curah hujan tinggi belakangan ini sempat mengakibatkan terhentinya pasokan listrik di 5 desa dan 7 dusun. Diantaranya dari Desa Negeri Lima hingga Desa Wakasihu.

Meski medan yang cukup menantang harus ditempuh dalam perbaikan dan pemulihan sistem kelistrikan pasca banjir dan longsor, serta jalur transportasi darat belum pulih, namun PLN berhasil memperbaiki jaringan di 4 titik dan mengoperasikan 74 Gardu Distribusi dengan total panjang jaringan 78,87 kms.

“Kami ucapkan terimakasih atas segala doa dan dukungan dari masyarakat serta stakeholder sehingga dalam kurun waktu 36 jam pasca kejadian longsor dan banjir kami telah berhasil memulihkan kembali seluruh sistem dan aset kelistrikan di lokasi terdampak,” tandasnya.

Untuk diketahui, sejak siang kemarin Kamis (23/7/2020) atau pukul 14.00 WIT, PLN berhasil memperbaiki 14 tiang jaringan distribusi dari total 17 tiang dan 51 gardu dari total 74 gardu distribusi yang mengalami kerusakan atau roboh akibat banjir dan longsor tersebut.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!