Sekilas Info

PILKADA 2020

Soal Pilkada Maluku, Mendagri: Tolong Rame-Rame Mainkan Isu Covid-19 dan Dampak Ekonomi

satumalukuID/Ian Toisutta Mendagri M. Tito Karnavian saat memberikan keterangan pers di Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Kamis (23/7/2020).

satumalukuID- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M. Tito Karnavian menyarankan kepada awak media di Maluku, untuk bersama sama memainkan isu penanganan Covid-19 dan dampak ekonomi sosialnya pada perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020.

Mantan Kapolri ini menilai apabila isu tersebut dimainkan maka diharapkan pesta demokrasi yang berlangsung di empat Kabupaten di Maluku dapat berjalan sehat, dengan adu gagasan, bukan sebaliknya konflik dan kekerasan.

“Supaya pilkada sehat, adu gagasan, adu kontestasi, bukan konflik kekerasan, tolong rame-rame kita mainkan isunya adalah peran kepala daerah dalam penanganan Covid-19 dan dampak sosial ekonominya,” ajak Tito di lobi Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Kamis (23/7/2020).

Menurutnya, isu penangan Covid dan dampaknya terhadap masyarakat, bisa membuat petahana mengeluarkan kemampuan sumber daya secara penuh untuk menekan angka penyebaran dan menaikan ekonomi masyarakat.

“Isu ini membuat petahana akan all out betul-betul keluarkan sumber daya untuk menekan angka daerah masing-masing. Sedangkan yang non petahana dia adu gagasan, apa idenya,” jelasnya.

Selain itu, jenderal bintang empat purnawirawan Polri ini mengaku isu penanganan Covid juga bisa menekan isu primordial yang seringkali berujung konflik. Juga mampu mengatasi isu keagamaan yang sangat sensitif.

“Ini sehingga menekan isu-isu primordial yang sering kali jadi konflik termasuk di Maluku, hubungan kekeluargaan, kekerabatan kemudian masalah-masalah kesukuan, keagamaan itu sangat sensitif, ini akan tertekan dengan isu besarnya Covid-19 yang menyangkut hajat hidup semua orang,” pintanya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!