Sekilas Info

PILKADA 2020

Kapolda Maluku: Perintah Wakapolri Evaluasi Kapolres dan Jajaran yang Tidak Netral Pilkada

satumalukuID/Ian Toisutta Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharudin Djafar.

satumalukuID- Di Provinsi Maluku terdapat empat Kabupaten yang akan menghelat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak tahun 2020. Wakapolri tekankan deteksi dini kerawanan dan jika Kapolres dan jajarannya ditemukan tidak netral segera di evaluasi.

Demikian disampaikan Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar, mengutip permintaan Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono kepada dirinya saat berkunjung di Kota Ambon bersama rombongan Mendagri dan Menkopolhukam RI, Kamis (23/7/2020).

“Perintah bapak Wakapolri tadi kalau memang ada Kapolres dan jajaran yang tidak netral, ya di evaluasi, termasuk Kapoldanya. Wakapolri juga memberikan arahan kepada Kapolda awasi 4 Polres yang sedang pilkada, mereka harus netral,” kata Baharudin kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku.

Wakapolri, tambah Baharudin, menyampaikan di setiap Pilkada pasti ada kerawanan. Orang nomor 2 pada Kepolisian Repoblik Indonesia itu kemudian menekankan kepada Polda Maluku agar dapat mendeteksi kerawanan-kerawanan yang bakal terjadi.

“Inilah yang bapak Wakapolri tekankan, silakan di deteksi kerawanan-kerawanan itu. Kalau kita menanganinya sejak awal maka kita sanggup menjalankan dengan baik pengamanannya. Kalau pengamanan baik, maka demokrasi berjalan dengan baik juga,” kata Baharudin.

Menurut Baharudin, dalam setiap perhelatan pesta demokrasi intinya adalah netralitas, baik polisi, penyelenggara, maupun pengawas. Netralitas dapat menjamin keamanan di setiap kontestasi politik tersebut.

“Ini harus semuanya netral untuk menjalankan sehingga pesta demokrasi di Maluku ini tidak menjadi masalah seperti apa yang disampaikan bapak Mendagri tadi,” jelasnya.

Baca Juga

error: Content is protected !!