Sekilas Info

CURAH HUJAN TINGGI

Jembatan Seith Ambruk, Jalur Penghubung Dua Kecamatan di Maluku Tengah Lumpuh

satumalukuID/Istimewa Jembatan sungai Wailuhu di Negeri Seith, Kecamatan Leihitu, yang ambruk pada Rabu dini hari (22/7/2020) tadi.

satumalukuID- Jalur lalu lintas penghubung Kecamatan Leihitu dan Leihitu Barat (Pulau Ambon), Kabupaten Maluku Tengah, kembali lumpuh total. Ini setelah jembatan Sungai Wailuhu di Negeri Seith, Kecamatan Leihitu, ambruk, Rabu (22/7/2020) dini hari tadi.

Sebelumnya, kemacetan total juga sempat terjadi djuga pada bulan ini pasca runtuhnya gorong-gorong Desa Negeri Lima, Kecamatan Leihitu, Senin (13/7/2020) lalu. Warga yang hendak menuju Kota Ambon, harus putar balik melewati Kecamatan Leihitu Barat.

Setelah dapat diperbaiki menggunakan jembatan darurat yaitu dengan melibatkan alat berat mengangkat sejumlah batang pohon kelapa, lintasan tersebut kembali digunakan hingga muncul lagi permasalahan baru yang sama saat ini.

Hingga kini belum diketahui pasti penyebab jembatan yang merupakan salah satu lintasan utama pada wilayah administrasi Kabupaten Maluku Tengah, yang berada di Pulau Ambon itu roboh. Tapi diduga kuat, ambruknya jembatan itu setelah digerus air sungai yang mengalir deras akibat tingginya intensitas curah hujan belakangan ini.

“Masih diupayakan (biar arus lalu lintas bisa kembali normal),” kata Kapolsek Leihitu Iptu Julkisno Kaisupy yang dihubungi satumalukuID via telepon selulernya.

Di Kecamatan Leihitu terdapat 11 Negeri. Diantaranya Morela, Mamala, Hitulama, Hitumesing, Wakal, Hila, Kaitetu, Seith, Negeri Lima, Ureng dan Asilulu. Sedangkan Kecamatan Leihitu Barat terdapat 5 Negeri yakni Larike, Wakasihu, Allang, Liliboi dan Hattu.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!