Sekilas Info

Pimpin Apel ASN dan Silaturahmi di Kementerian Agama Maluku, Kapolda Beri Siraman Rohani

satumalukuID- Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar, memimpin langsung apel bersama keluarga besar Aparat Sipil Negara (ASN) di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Ambon, Selasa (21/7/2020). Dia sekaligus bersilaturahmi di kantor itu.

Didampingi sejumlah pejabat utama Polda Maluku yaitu Direktur Intelkam, Pamobvit, Binmas dan Komandan Satuan Brimob Polda Maluku, jenderal bintang dua Polri ini memberikan sambutan berupa siraman rohani kepada semua ASN Kementerian Agama di Maluku tersebut.

Kapolda Maluku yang senang berdakwah ini di hadapan Kakanwil dan jajarannya menyampaikan bahwa Allah menciptakan manusia dari 2 unsur, yaitu ruh dan jasad. Ruh diciptakan dari langit, sehingga makanannya juga dari langit yaitu iman. Sementara jasad dari tanah.

“Nantinya setelah meninggal ruh akan kembali ke langit. Jasad berasal dari tanah, makanannya berasal dari tanah, dan nantinya akan kembali ke tanah. Pada saat ini kita terlalu banyak sibuk dengan jasad. Di kanwil agama ini ada kegiatan dengan nama Siraman Rohani," kata Baharudin.

Orang nomor 1 Polri di Provinsi Maluku ini menjelaskan bahwa iman sangat penting berada dalam diri manusia. Iman tidak datang sendiri tapi harus diusahakan, sehingga karakter ketauladanan setiap orang beriman berjalan baik bukan untuk diri sendiri tetapi juga orang lain.

Mengingat keimanan manusia begitu penting dalam kehidupan baik di dunia maupun di akhirat, setiap orang diminta untuk menerapkannya dalam kehidupan rumah tangga, keluarga, terutama kepada isteri.

“Untuk memperbaiki orang lain, kita harus menerapkan ketauladanan, karena dengan ketauladanan akan dimulai dari diri sendiri dan berlanjut ke orang-orang di sekeliling dan terus berlanjut lebih luas. Lebih lanjut untuk memperbaiki masyarakat berawal dari kita makmurkan tempat ibadah," sebutnya.

Mengenai bencana Covid-19, mantan Kapolda Sulawesi Barat itu mengaku belakangan ini banyak beredar informasi yang diragukan kebenarannya (hoax). Olehnya itu, dia mengajak seluruh ASN di lingkungan Kemenag Maluku agar dalam menerima informasi, harus terlebih dahulu membaca sampai selesai, kemudian dicerna dengan baik.

“Jangan sampai kita dengan mudahnya membagikan atau menshare berita yang belum tentu kebenarannya. Kita di Maluku ini harusnya bisa saling rangkul dan saling bahu membahu dalam menghadapi dan menyelesaikan setiap permasalahan," ajak dia.

Menutup sambutannya, mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu menyampaikan agar kerjasama antara Polda dan Kemenag Maluku tidak hanya sebatas apel saat ini, tapi diharapkan ke depan terus bekerjasama dan saling berkordinasi.

“Diharapkan setiap anggota Polri dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam pemeliharaan kamtibmas, melindungi melayani dan melayani serta penegakan hukum, dapat menggunakan mata hati," tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Jamaludin Bugis selain memperkenalkan seluruh pejabat kepala bidang, kepala bagian, pejabat fungsional di jajaran Kanwil Kemenag Maluku dan seluruh ASN, dia juga mengaku pihaknya rutin mengikuti rapat kordinasi bersama Pemda Maluku maupun secara internal terkait penanganan Covid-19.

“Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, pemantauan pelaksanaan ibadah di tempat-tempat ibadah serta edaran dan himbauan pelaksanaan ibadah di tempat-tempat ibadah, termasuk membuat juknis pelaksanaan ibadah di tempat-tempat ibadah,"katanya.

Selain sosialisasi, lanjut dia, pihaknya juga membuat juknis penanganan jenazah pasien Covid-19 dan mengantisipasi penolakan dan penarikan terhadap jenazah pasien Covid-19 di rumah sakit dan pemakaman.

"Dari semua itu untuk membangun dan memperbiki kehidupan beragama terlebih dahulu kita perbaiki di kakanwil kemenag," terangnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!