Sekilas Info

KASUS KEJAHATAN

Kapolda Maluku Desak Jajarannya Ungkap Pelaku Sejumlah Kasus Kejahatan yang Masih Misterius

satumalukuID/Humas Polda Maluku Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar (tengah).

satumalukuID- Banyak peristiwa kejahatan yang terjadi di sejumlah daerah di Maluku belum terungkap. Pelakunya masih berstatus Orang Tak Dikenal (OTK) alias misterius. Sebut saja kasus aborsi, penganiayaan hingga menghilangkan nyawa orang, korupsi dan lain kejahatan lainnya.

Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar mendesak seluruh jajarannya hingga lingkup Polsek di 11 Kabupaten/Kota agar dapat memperhatikan berbagai kejadian kejahatan yang timbul akibat orang yang tidak bertanggungjawab.

Menurutnya, berbagai kejadian yang belum terungkap siapa dalangnya, dapat menimbulkan persoalan baru, hingga mengganggu situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (masyarakat) menjadi terganggu.

“Bagi wilayah jajaran perhatikan kejadian-kejadian yang terjadi akibat ulah OTK agar segera diungkap dan diselesaikan jangan sampai mengganggu kamtibmas di masyarakat," pinta Baharudin kepada jajarannya saat memimpin langsung kegiatan Analisa dan Evaluasi Operasi Aman Nusa II Siwalima di Mapolda Maluku, Kota Ambon, Senin (20/7/2020).

Orang nomor 1 Polri di Provinsi Maluku ini juga mengingatkan jajarannya terkait pelaksanaan kegiatan Duduk Bacarita Kamtibmas. Baginya kegiatan itu sangat berdampak baik bagi masyarakat dan menjadi program unggulan Polda Maluku saat ini.

“Untuk kegiatan Duduk Bacarita Kamtibmas, merupakan program unggulan kita. Program ini dampaknya sangat baik bagi masyarakat dan mendapatkan kesan yang sangat positif,” terangnya.

Selain itu, Jenderal Bintang Dua Polri di Maluku ini juga menekankan terkait netralitas anggota dalam mengamankan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 4 Kabupaten di Maluku. Yaitu Kabupaten Buru Selatan, Kepulauan Aru, Seram Bagian Timur dan Kepulauan Tanimbar.

“Terkait Pilkada serentak di Provinsi Maluku, agar diperhatikan tiap-tiap Gakkumdu untuk benar-benar melaksankan tupoksinya. Polri harus tampil netral dan selalu menjaga netralitas dalam setiap tahapan-tahapan Pilkada," tegasnya.

Baharudin juga menyentil soal rasa kasih sayang dari seorang pemimpin kepada anak buahnya. Baginya, hal itu sangat penting dan dapat berdampak kepada masyarakat.

“Sebagai pimpinan kita harus memperhatikan dan sayang setiap anggota kita, karena dengan seperti itu anggota kita akan memperhatikan dan sayang pada masyarakat. Kita harus bisa menjadi contoh dan tauladan yang baik," pintanya.

Di sisi lain, dia juga menyinggung rencana kedatangan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Mahfud MD beserta rombongan di Kota Ambon, Kamis (23/7/2020) mendatang.

“Terkait kedatangan Menkopolhukam beserta rombongan di Provinsi Maluku, agar menjadi perhatian dan dipersiapkan segala sesuatunya,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!