Sekilas Info

TABLIGH AKBAR

Polsek Salahutu dan Pemuda Liang Gelar Tabligh Akbar untuk Keselamatan Negeri

satumalukuID/Istimewa

satumalukuID- Kepolisian Sektor (Polsek) Salahutu dan Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Liang (HIPPMAL), menggelar Tabligh Akbar yang berlangsung di Masjid Jammi, Negeri Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Pulau Ambon), Sabtu (18/7/2020).

Kegiatan yang mengusung tema “Istighosa untuk Keselamatan Negeri” ini menghadirkan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis, Ketua MUI Abdullah Latuapo, Ketua Nahdatul Ulama Karnusa Serang dan Ketua Muhammadiyah Provinsi Maluku, Abdu. H. Latua. Sementara zikir dipimpin oleh ustadz Abdurrahman Tuanaya.

Pejabat Pemerintah Negeri Liang, Ramlan Tuasikal dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan sarana yang efektif untuk mendekatkan diri kepa Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, kegiatan seperti ini juga dapat melancarkan komunikasi antar anak Negeri agar dapat memperkokoh keimanan dan sebagai ajang silaturahmi.

“Saya juga percaya bahwa pembangunan akan terwujud apabila seluruh komponen masyarakat berperan aktif dan merapatkan barisan untuk sama-sama membangun Negeri yang kita cintai ini sehingga kedamaian, kenyamanan dan stabilitas di Negeri ini tetap terjaga dengan baik,” terangnya.

Penanggung jawab kegiatan yang juga adalah Kapolsek Salahutu Iptu Djafar Lessy, mengaku bersyukur terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sangat besar kepada Kakanwil Agama Provinsi Maluku dan Ketua MUI Provisnsi Maluku yang sudah hadir di tengah masyarakat Negeri Liang ini,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan Istighosa dengan cara berzikir meminta pertolongan dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa ini diharapkan dapat membuat Negeri Liang menjadi lebih baik ke depan.

“Harapan kita semua dapat membangun Negeri Liang Amang Barakate ini menjadi lebih baik ke depan, dengan harapan kiranya marwah negeri sebagai negeri yang melahirkan para alim ulama dapat dikenang oleh para generasi muda kita saat ini,” harap Djafar Lessy.

“Semoga Allah SWT membuka mata hati kita untuk sama-sama melihat Negeri ini agar menjadi Negeri yang lebih aman dan Kondusif lagi,” tambah mantan Kapolsek Leihitu ini.

Tokoh Pemuda Liang, Lutfi Naya, yang juga merupakan anggota DPRD Maluku Tengah, berharap dengan terlaksananya kegiatan ini dapat menjauhkan musibah dan menjadikan negeri ini aman, damai dan tenteram.

“Saya ucapkan terima kasih kepada bapak Kapolsek Salahutu yang sudah bersama sama dengan HIPPMAL menyelenggarakan Tabligh Akbar. Ini merupakan niat baik Kapolsek agar negeri ini bisa terhindar dari berbagai musibah dan menjadi negeri yang damai,” terangnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Agama Maluku Djamaludin Bugis mengajak masyarakat untuk mendukung Kapolsek dalam memelihara Kamtibmas agar Kecamatan Salahutu umumnya dan khususnya Negeri Liang ini tetap aman dan damai.

“Hari ini saya selaku Kakanwil Agama beserta seluruh tokoh agama Provinsi Maluku kita tinggalkan semua pakerjaan dan hadir di Negeri Liang ini demi Kedamaian Negeri ini karna kami semua mencintai masyarakat Negeri Liang,” terangnya.

Ketua MUI Maluku Abdullah Latuapo, mengajak masyarakat untuk senantiasa meningkatkan iman. Dia mengaku iman manusia sangatlah penting untuk kehidupan. Tanpa iman, manusia tidak ada bedanya dengan hewan liar.

“Tanpa iman yang baik maka jangan harapkan adanya kedamaian di bumi ini karena iman merupakan landasan utama dan pondasi yang kokoh untuk kehidupan kita,” jelasnya.

Dosen IAIN Ambon ini juga memberikan nasehat kepada para orang tua untuk membimbing anak-anak dengan baik. Didiklah anak-anak agar menjauhkan diri dari minuman keras, mabuk-mabukan.

“Walaupun kita punya amalan yang baik tetapi bila kita tidak menjaga dengan baik, kita masih memiliki rasa dengki, benci, dendam dan hati yang kotor maka hancurlah dan sirna semua amalan kebaikan kita itu. Maka saya harapkan kita semua bisa menjaga hati kita untuk lebih baik lagi,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!