Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Pasien Covid Berusia 77 Tahun Meninggal di RSUD Haulussy Ambon, Sudah Dimakamkan

satumalukuID/Istimewa Ilustrasi pemakaman menggunakan protokol Covid-19.

satumalukuID- Kabar duka kembali datang. Seorang pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD dr. M. Haulussy, Kota Ambon, meninggal dunia, Jumat (17/7/2020) tengah malam. Adalah JH, yang sudah dirawat selama satu bulan lebih.

Lelaki 77 tahun itu menghembuskan nafas terakhir sekira pukul 23.15 WIT. Dia sudah dimakamkan menggunakan protokol kesehatan penanganan Covid-19 di Tempat Pemakaman Khusus (TPK), pagi tadi Sabtu (18/7/2020).

Berdasarkan informasi yang dihimpun satumalukuID, almarhum bermukim di Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon. Dia masuk Instalasi Gawat Darurat (IGD) di rumah sakit pelat merah itu sejak 15 Juni 2020 pukul 11.00 WIT.

Almarhum dilarikan ke IGD setelah diduga penyakitnya hepatitis-nya kambuh. Dia kemudian mendapat perawatan medis dan inap ruangan ICU rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Maluku tersebut.

Seperti umumnya terhadap semua pasien yang baru masuk langsung di rapid test. Hasil rapid test almarhum Reaktif. Dia kemudian dipindahkan untuk dirawat di ruang isolasi pasien Covid-19. Hasil swab dari Laboratorium Kesehatan BTKLPP Klas II Ambon, menyebutkan almarhum positif Covid.

Selama satu bulan lebih mendapat penanganan intensif, almarhum akhirnya tutup usia. Tim medis kemudian melakukan pemulasaran untuk pemakaman sesuai standar operasi prosedur (SOP) penanganan jenazah Covid-19.

Proses pemakaman terhadap almarhum di TPK Desa Hunut, Kecamatan Teluk Ambon, berlangsung aman dan lancar. Ini setelah bukti pemeriksaan swab diberikan tim kesehatan penanganan virus corona.

“Bukti swab diberikan tim covid 19 di RSUD Haulussy Kudamati Ambon sehingga pihak keluarga bersedia untuk lakukan pemakaman sesuai SOP. Sudah makam tadi dan berjalan aman dan lancar,” kata sumber yang meminta satumalukuID tidak menggunakan identitasnya, Sabtu (17/7/2020).

Kasrul Selang, Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Maluku yang dikonfirmasi satumalukuID membenarkan wafatnya pasien Covid berinisial JH tersebut. Meninggalnya almarhum menambah jumlah kasus meninggal menjadi 18 orang.

“JH masuk RSU tanggal 16 Juni 2020 dengan diagnosa Covid 19. Meninggal jam 22.35 WIT (Jumat kemarin). Pemakaman di TPU Hunut jam 06 pagi ini,” ungkap Kasrul membenarkan kabar meninggalnya JH kepada satumalukuID, Sabtu (18/7/2020).

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!