Sekilas Info

PILKADA 2020

Komunikasi Bawaslu Maluku dengan Maluku Barat Daya Terkendala Akses Internet

satumalukuID/Istimewa Ketua Bawaslu Maluku Abdullah Ely.

satumalukuID - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku Abdullah Ely mengaku, saat ini pihaknya mengalami kendala berkomunikasi dengan Bawaslu Maluku Barat Daya (MBD), lantaran sulitnya akses internet. Padahal Kabupaten MBD merupakan satu dari empat kabupaten di Maluku yang bakal menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tahun 2020 ini.

“Infrastruktur internet di Kabupaten MBD memang lebih mengkhawatirkan, dibandingkan tiga kabupaten lainnya, yang akan menggelar Pilkada 2020, yakni Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru, dan Kabupaten Seram Bagian Timur,” ungkap Abdullah, saat dihubungi satumalukuID, melalui telepon seluler, Sabtu (18/7/2020).

Menurut Abdullah, ini menjadi hambatan dalam berkomunikasi antara pihaknya dari Bawaslu Maluku dengan rekan-rekannya di Bawaslu MBD. Bahkan komunikasi mereka menjadi terputus sama sekali.

Satu-satunya cara agar pihaknya bisa melakukan komunikasi yang baik dengan Bawaslu MBD, Abdullah menuturkan, rekan-rekannya di sana akan mencari tempat yang ideal, dan hanya pada spot-spot tertentu, baru bisa berkomunikasi lewat SMS atau pun telepon.

“Sebelumnya akses internet yang tersedia dan digunakan oleh teman-teman Bawaslu Maluku Barat Daya adalah layanan dari Uniqlo. Namun saat ini sudah tidak berfungsi dengan baik,” ungkapnya.

Padahal dalam proses Pilkada ini, menurut Abdullah, hal yang paling diutamakan adalah proses bimbingan teknis maupun proses pengawasan serta hal-hal yang berkaitan dengan pentahapan, dan itu dilakukan secara online.

“Ini terutama terkait dengan protokol kesehatan di saat pandemi Covid-19, yang belum memungkinkan untuk mengadakan kegiatan berkumpul dalam jumlah banyak orang pada suatu ruangan. Sehingga kita sangat berharap kegiatan dilakukan secara virtual. Namun ya itu tadi, di MBD terkendala akses internet,” bebernya.

Meski begitu, pihaknya akan terus berupaya mencari solusi, agar permasalahan akses internet ini tidak menghambat kinerja rekan-rekannya di Bawaslu MBD.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!