Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Wali Kota Ambon Sebut Presiden Jokowi Akan Terbitkan Inpres Tentang Sanksi Penggunaan Masker

satumalukuID/Ian Toisutta Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy.

satumalukuID- Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, menyebutkan jika Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) tentang sanksi kepada masyarakat Indonesia yang tidak menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti masker.

Richard mengaku menyambut baik Inpres Presiden tersebut yang dalam waktu dekat akan diterbitkan. Inpres itu bertujuan untuk mengatur masyarakat bersikap disiplin. Sehingga penyebaran Covid-19 khususnya di Kota Ambon bisa dihentikan.

Masyarakat diharapkan bisa menyiapkan diri untuk hidup dalam keadaan normal di tengah pandemi Covid-19. Warga diminta bisa beradaptasi dengan kondisi. Intinya memperhatikan tiga hal penting yaitu disiplin, masker dan jaga jarak.

“Dalam waktu dekat Presiden akan menerbitkan Inpres tentang sanksi bagi rakyat Indonesia yang tidak memakai masker. Nah ini yang harus direspon. Ini hal yang positif,” katanya Richard kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Jumat (17/7/2020).

Kembali menyoal masa berakhir PSBB dan akan dilanjutkan dengan PSBB Transisi, Richard mengaku persamaannya masih serupa yakni pembatasan, tapi tidak seketat PSBB. Hanya saja, pada tingkat pengawasan pelaksanaan PSBB Transisi akan semakin diperketat.

“Misalnya sekarang kan seluruh kegiatan ekonomi yang tidak terkait dengan hal yang strategis kita batasi. (di PSBB) Transisi ini kita buka kesempatan untuk pengembangan ekonomi toko-toko semuanya buka,” jelasnya.

Dibukanya toko-toko dan sejumlah tempat umum pada penerapan PSBB Transisi nanti, bukan berarti dibiarkan bebas seperti semula. Namun akan dibatasi betul dengan tingkat pengawasan yang dilakukan diperketat.

“Kalau dulu toko-toko lain tidak boleh buka, sekarang boleh buka tapi diperketat. Jadi pengawasan akan lebih diperketat, antara 50 persen, kendaraan pelat hitam dan pelat kuning juga 50,” jelasnya.

Untuk membicarakan persiapan PSBB Transisi yang rencananya berjalan pada Senin pekan depan, Wali Kota dua periode ini mengaku Sabtu besok (18/7/2020) pihaknya akan menggelar rapat koordinasi dengan TNI, Polri, Pemda Maluku dan Kabupaten Maluku Tengah.

“Kita akan rapat koordinasi dengan TNI Polri pemerintah provinsi dan daerah perbatasan besok pagi,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!