Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

Korem 151/Binaiya Evaluasi Penanganan Covid-19 Bersama Jajarannya di Maluku

satumalukuID/Ian Toisutta Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold A. P. Ritiauw saat diwawancarai wartawan di Kantor Gubernur Maluku.

satumalukuID- Korem 151/Binaiya menggelar kegiatan evaluasi penanganan Covid-19 di Maluku. Evaluasi melalui media virtual zoom dengan jajarannya itu juga menghadirkan Pemerintah Daerah baik di 11 Kabupaten/Kota maupun Provinsi.

Kegiatan yang dipimpin Komandan Korem 151/Binaiya, Brigjen TNI Arnold A. P. Ritiauw ini dipandu langsung dari lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Jumat (17/7/2020). Turut hadir Sekda Maluku Kasrul Selang, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, Ketua DPRD Ambon Ely Toisuta, Direktur Ops Polda Maluku Kombes Pol. Wantri dan Kabid Humas Kombes Pol. M. Roem Ohoirat, serta instansi terkait lainnya.

Pantauan satumalukuID dalam kegiatan Webinar tersebut, tampak juga Bupati Buru Ramli Umasugi di Namlea, dan Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu Leleuri. Setiap instansi memberikan pemaparannya terkait penanganan Covid-19. Termasuk pertanyaan dari Bupati Buru.

Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold A. P. Ritiauw mengungkapkan, Webinar yang dilakukan hari ini merupakan perintah Panglima TNI. Korem mewakili Kodam XVI/Pattimura menggelar kegiatan ini bersama instansi terkait.

“Kegiatan ini atas perintah Panglima. Sebenarnya kami ingin melaksanakan di Korem, tapi saya melihat tidak representatif. Makanya saya minta ijin dari pak Gubernur, terima kasih pak. Kegiatan ini mengangkat tema; Penegakan disiplin mematuhi protokol kesehatan menuju masyarakat produktif dan terhindari dari Covid-19 di wilayah di Provinsi Maluku,” jelasnya dalam sambutan.

Penanganan Covid-19 di Maluku, kata dia, bukan hanya tugas dari dinas kesehatan saja, tetapi merupakan tugas bersama dan bersifat lintas sektoral. Sejak Maret 2020 jajaran Korem 151/Binaiya bersama Pemda Provinsi Maluku dan Kabupaten/Kota sudah bersinergi dalam mengatasi Covid-19.

Sinergitas, lanjut Jenderal Bintang Satu dipundaknya ini diwujudkan dengan berbagai kegiatan sosialisasi, dan edukasi dalam penanganan korban Covid-19.

“Perlu kita ketahui bahwa Kodam XVI/Pattimura, dalam hal ini Korem 151/Binaiya selama PSBB sampai hari ini telah mengerahkan Kodim jajarannya. Kebetulan wilayah kerja Korem sama dengan pemda Maluku,” ujarnya.

Kegiatan webinar yang diselenggarakan hari ini, tambah Arnold diharapkan dapat memberikan masukan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku dalam rangka menegakan disiplin mematuhi protokol penanganan Covid-19.

“Pelaksanaan ini tentunya sangat membutuhkan kerjasaman yang kuat, yang erat dengan stakeholder terkait. Ini bukan hanya tugas pak wali tapi tugasnya kita semua untuk mempercepat memutus mata rantai Covid-19 ini,” tambah Danrem kepada wartawan.

Menyoal rencana pelaksanaan PSBB Transisi di Kota Ambon, Arnold mengaku pihaknya selalu siap mendukung pemerintah daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota di Maluku.

“Pokoknya kita siap, kita akan mendukung apa yang diminta pemerintah daerah setempat baik kota maupun provinsi kita akan dukung. Nanti masalahnya di mana, atau bagaimana teknisnya itu nanti kita akan bicarakan dengan rekan-rekan di provinsi maupun dari Kota,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!