Sekilas Info

PENANGANAN KORBAN GEMPABUMI

Dana Gempabumi Ambon Sudah Ada Tapi Wali Kota Belum Membagikan, Ini Alasannya

satumalukuID/Ian Toisutta Ilustrasi, ketika korban gempa mengungsi di Lokasi Pengungsian Lapangan Bola Galunggung Kota Ambon.(Dok/IAN TOISUTTA)

satumalukuID- Penanganan korban gempabumi berkekuatan 6,8 SR di Kota Ambon, belum tuntas hingga saat ini. Dana stimulan untuk perbaikan rumah rusak milik korban gempa tektonik yang mengguncang pada 26 September 2019 lalu, belum dibagikan Pemerintah Kota Ambon.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy yang dikonfirmasi wartawan, di Ambon, Kamis (16/7/2020), mengaku sengaja belum membagikan dana perbaikan ratusan rumah warga Kota Ambon yang rusak tersebut.

Richard beralasan belum mencairkan dana tersebut karena khawatir akan disalahgunakan oleh korban di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Dana gempa sudah ada. Cuman katong jaga jangan sampai dimanfaatkan salah. Sekarang dalam situasi seperti ini lalu katong kasih dong pung dana, dong seng biking rumah, (tapi) dong beli sembako,” kata Richard di sela-sela kegiatannya di Marina Hotel, Kota Ambon.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Maluku ini mengakui dana tersebut adalah haknya korban gempa yang rumahnya rusak. Tapi apa yang dilakukan pihaknya tersebut untuk kebaikan para korban juga.

“Ini kan dong pung hak, kecuali katong ada putar akang boleh. Cuman katong jaga jang sampe itu (disalah digunakan),” terangnya.

Dengan belum dibagikannya dana milik ratusan korban gempa tersebut, Richard berharap kepada mereka untuk bersabar.

“Sabar sadiki dolo, sabar sadiki saja,” pintanya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!