Sekilas Info

Tiga Nelayan Banda yang Dikabarkan Hilang, Ditemukan Selamat Terdampar di Pantai Desa Tial Pulau Ambon

satumalukuID/Istimewa Saah satu sisi pantai di Desa Tial, tempat warga menemukan nelayan Banda yangterdampar di sini.

satumalukuID- Kapal Motor (KM) Cahaya Damai berawak tiga orang yang sempat dilaporkan hilang setelah mengalami kebocoran pada lambung kapal, akhirnya ditemukan dengan selamat. Mereka ditemukan terdampar di perairan Desa Tial, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Pulau Ambon), Rabu (15/7/2020) sekira pukul 05.00 WIT.

Terdampar dengan selamat, nahkoda kapal Ruslan La Biru (53) dan anaknya Jikrun Ruslan (19) serta Syukur Suwakul (51) sempat diamankan di rumah Kepala Dusun Oang, Desa Tial, Amirudin Edi. Mereka kini telah berada di rumah keluarga di Tulehu.

Kapolsek Salahutu Iptu Djafar Lessy yang dikonfirmasi satumalukuID mengungkapkan, berdasarkan keterangan Kapten KM Cahaya Damai (sebelumnya diberitakan KM. Ruslan dan berawak 4 orang), lepas tambad dan meninggalkan pelabuhan kapal motor Dusun Mamokeng, Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu menuju Pulau Run, Sabtu (11/7/2020) pukul 10.00 WIT.

Kapal tersebut berangkat menuju Pulau Run, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah untuk membawa sembilan bahan pokok (sembako). Di tengah perjalanan, dinding kapal rusak, akibat dihantam gelombang. Kapal kemudian tengelam.

“Saat tenggelam, Kapten kapal dan dua ABK menyelamatkan diri dengan mengunakan kole-kole (perahu) milik kapal itu. Mereka juga menggunakan dua jaket pelampung,” kata Lessy yang dihubungi melalui telepon genggamnya.

Berhasil keluar dari tenggelamnya kapal, tiga orang korban kemudian terombang-ambing. Mereka dibawah arus hingga terdampar pada peraian laut Dusun Oang, Negeri Tial. Tiga korban tersebut kemudian diselamatkan oleh warga sekitar dalam kondisi lemah.

“Pukul 05.20 WIT Kepala Dusun Oang menghubungi Bhabinkamtibmas Tial Bripka. S. Tomadehe untuk memberitahukan kejadian tersebut. Pukul 05.40 WIT Bhabinkamtibmas tiba di kediaman Kepala Dusun Oang dan langsung melakukan pertolongan kepada mereka,” jelasnya.

Setelah itu Bhabinkamtibmas berkoordinasi dengan pihak kesehatan di Negeri Tial untuk melakukan penanganan medis. Namun pihak medis menyarankan untuk langsung di bawah ke rumah sakit terdekat.

“Pukul 07.30 WIT pihak keluarga korban yaitu Ibu Nengsi Husin (32) dengan keluarga lainnya tiba di kediaman Kepala Dusun Oang Tial dan langsung melihat kondisi 3 Korban. Pukul 07.59 WIT Pihak Keluarga korban mengambil keputusan untuk membawa 3 tiga korban menuju kediaman ibu Nengsi Husin, Dusun Hurun Negeri Tulehu di kawal pihak kepolisian Sektor Salahutu,” jelasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!