Sekilas Info

Wakasad Sambangi Ambon, Beri Pembekalan kepada 452 Personel Satgas BKO Kodim Persiapan di Kodam Pattimura

satumalukuID/Ian Toisutta Wakasad Letjen TNI Moch Fachruddin saat memberikan pembekalan kepada personel satgas BKO Kodim Persiapan di Rindam Pattimura.

satumalukuID- Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), Letnan Jenderal TNI Moch Fachruddin, sambangi Kota Ambon. Orang nomor 2 TNI AD di Indonesia ini datang untuk memberikan pembekalan kepada 452 orang Satgas BKO Kodim Persiapan di wilayah Kodam XVI/Pattimura.

Materi pembekalan yang disampaikan langsung Jenderal Bintang Tiga itu berlangsung di Markas Komando Rindam XVI/Pattimura, Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Pulau Ambon), tadi sore, Selasa (14/07/2020).

Kodim Persiapan di wilayah Kodam Pattimura sendiri berjumlah 11 satuan. 6 diantaranya berada di Provinsi Maluku dan 5 di Maluku Utara. Di Maluku sendiri berada di bawah kendali Korem 151/Binaiya, sementara di Maluku Utara dibawah Korem152/Babullah.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq saat membuka acara pembekalan terhadap ratusan personel Satgas BKO Kodim Persiapan tersebut menyampaikan selamat datang dan ucapan terima kasih kepada Wakasad yang berkenan hadir untuk memberikan materi pembekalan di Rindam Pattimura.

“Terima kasih karena bapak bisa meluangkan waktu untuk memberikan pembekalan kepada personel Satgas BKO Kodim Persiapan di Wilayah Kodam Pattimura. Semoga ini bisa bermanfaat bagi personel dalam menjalankan tugas selama 1 tahun ke depan. Kami sampaikan ada 452 personel lengkap, kecuali yang ijin (1 orang) karena orang tuanya meninggal dunia,” kata Taufiq.

Sementara itu, Wakasad Letnan Jenderal TNI Moch Fachruddin memberikan apresiasi kepada seluruh personil satgas BKO karena bersedia ditempatkan di Kodim-Kodim baru yang ada di wilayah Kodam XVI/Pattimura.

Berdasarkan petunjuk Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, kata dia, personel satgas BKO yang berkeinginan menjadi organik akan diberikan kesejahteraan. Diantaranya akan dinaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi. Untuk perwira yang kenaikan pangkatnya masih lama, akan diberikan kesempatan untuk mengikuti pendidikan lebih dahulu.

Fachruddin juga berharap nantinya seluruh personel satgas BKO di satuan baru dapat menjadi aparat teritorial yang cakap dengan berpedoman kepada 5 kemampuan teritorial, sinergitas dengan kepolisian dan masyarakat.

“Peran kalian sangat penting, khususnya membantu Angkatan Darat dalam membangun daerah,” ujar Wakasad.

Olehnya itu, dia berpesan kepada setiap personel untuk memperlajari dan mengenali daerah tugasnya. Setiap personel diharapkan dapat melakukan deteksi dini, mengantisipasi peristiwa yang sedang dan akan terjadi.

“Di sana ada aparat yang lain baik kepolisian, pemda, kamu selalu koordinasi, ada aparat intel harus koordinasi, jangan kerja masing-masing. Dengan 5 kemampuan teritorial, komunikasi sosial dengan tiket teritorial, senyum sapa salam, dapatkan informasi yang sebanyak banyaknya,” pintanya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!