Sekilas Info

PILKADA 2020

Kalau Ada Paslon Minta Dukungan dan Doa, Kapolda Maluku: Kita Sebatas Mendoakan

satumalukuID/Humas Pemprov Maluku

satumalukuID- Kepala Polda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar kembali menegaskan netralitas Polri di setiap perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), terutama di Maluku. Anak buahnya diingatkan untuk tidak coba-coba bermain dalam pesta rakyat lima tahunan nanti.

Baharudin dalam arahannya menekankan kepada jajarannya untuk senantiasa menjunjung tinggi netralitas Polri di setiap perhelatan politik.

“Jangan coba untuk bermain-main. Apabila ada paslon yang datang meminta dukungan dan doa, maka kita akan sebatas mendoakan,” pinta Baharudin yang didampingi Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, Pejabat Utama, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease serta Kapolres Maluku Barat Daya di Mapolda Maluku, Kota Ambon, Selasa (14/7/2020).

Hasil Pilkada harus bersih dan tidak curang. Siapapun yang terpilih nanti harus murni sesuai dengan hasil pemungutan suara. “Soal hasil kita kembalikan pada pemungutan suaranya. Yang akan kita awasi dan kawal agar berjalan jujur dan adil," harapnya.

Agar Pilkada berjalan aman, lancar dan baik, tugas Polri adalah mengatur dengan baik proses pengamanannya.

“Kita jangan main-main. Dalam pelaksananan pengamanan agar diatur dengan baik dalam pendistribusian anggota. Benar-benar diperhatikan berapa jumlahnya dan di mana saja ditugaskan,” pintanya.

Olehnya itu, orang nomor 1 Polri di Provinsi Maluku ini kembali menekankan kepada para Kapolres yang daerahnya melaksanakan pesta demokrasi agar tetap teguh dalam memegang prinsip netralitas.

“Para kapolres yang akan melaksanakan Pilkada di wilayah masing-masing harus teguh memegang prinsip dalam menjalankan tugas," tegasnya.

Di Provinsi Maluku sendiri terdapat empat Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada Tahun 2020. Diantaranya Kabupaten Buru Selatan, Seram Bagian Timur, Maluku Barat Daya, dan Kepulauan Aru.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!