Sekilas Info

PENANGANAN COVID 19

128 Aparat Sipil Negara di Pemda Maluku Terpapar Corona, Mayoritas Tenaga Kesehatan

satumalukuID/Ian Toisutta Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang.

satumalukuID- Hingga saat ini, tercatat sebanyak 128 Aparat Sipil Negara (ASN) dan tenaga kontrak/honorer di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, terkonfirmasi Covid-19. 107 diantaranya ASN. Sementara 21 orang lainnya adalah tenaga kontrak/honorer.

Dari 107 ASN yang terpapar Covid, 62 diantaranya telah dinyatakan sembuh. Sementara 44 lainnya hingga saat ini masih dalam perawatan. Sedangkan seorang lagi meninggal dunia. Untuk 21 tenaga kontrak, 9 dinyatakan sembuh dan masih dirawat 12 orang.

Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Kasrul Selang, mengungkapkan, kebanyakan ASN yang terpapar Covid merupakan tenaga kesehatan. Umumnya berasal dari RSUD dr. Ishak Umarella, di Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah dan RSUD dr. M. Haulussy, Kota Ambon.

“128 yang terpapar, sebagian besar itu tenaga medis di RSUD dr. Ishak Umarela dan RSUD dr. Haulussy," kata Kasrul Selang yang juga merupakan Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Covid-19 Maluku, kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Selasa (14/7/2020).

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Maluku, Jasmono, yang mendampingi Kasrul Selang menyebutkan, tenaga medis yang terpapar Covid berasal dari RSUD dr. M. Haulussy Ambon sebanyak 58, dan RSUD dr. H. Ishak Umarella Tulehu 59 orang.

“Biro Humas dan Protokol 1, Biro Umum 3, Biro Administrasi Pembangunan dan Pengelolaan Barang Jasa 1, Dinas Kesehatan 2, Dinas Pertanian 1, Dinas PUPR 1, Dinas Pemuda dan Olahraga 1 dan BKD Maluku 1 orang,” sebutnya.

Jasmono juga mengakui jika ASN yang terpapar Covid di Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Pemuda dan Olahraga serta Biro Humas Setda Maluku termasuk Kepala Dinas dan Kepala Biro. “Dari 107 PNS yang terpapar, 62 diantaranya sudah dinyatakan sembuh. Sementara 44 PNS masih dalam perawatan. Yang meninggal 1. Sedangkan 21 tenaga kontrak/honorer, 9 orang sudah dinyatakan sembuh dan yang masih dalam perawatan 12 orang," jelasnya.

Dia mengaku, untuk mengantisipasi terpaparnya PNS dari Covid-19, pihaknya kini memperketat protokol kesehatan saat menjalankan tugas kedinasan. “Saya mengajak kita semua terutama masyarakat Maluku untuk memberikan dukungan penuh terhadap Tim Gugus Tugas terutama para tenaga kesehatan kita dalam penanganan Covid 19 di Provinsi Maluku,” pungkasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!