Sekilas Info

Wakapolda Maluku Brigjen Jan de Fretes Ingatkan Panitia  Penerimaan Akpol Jangan Coba-Coba Main

satumalukuID- Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Maluku Brigadir Jenderal Polisi Jan de Fretes, memantau langsung tahapan seleksi penerimaan Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 2020 yang berlangsung di lapangan Polda Maluku Letkol CHR Tahapary, Kota Ambon, Senin (13/7/2020).

Orang nomor 2 Polda Maluku itu mengaku, Polri saat ini lebih mengutamakan personel berkualitas. Sehingga dalam setiap penerimaan atau rekrutmen anggota baik Tamtama, Bintara maupun Akpol, dilakukan menggunakan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (Betah).

Untuk mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas itu, maka dalam setiap pentahapan perekrutan anggota, akan diawasi ketat baik oleh pihak eksternal maupun internal Polri itu sendiri.

“Pengawasan terhadap proses rekrutmen sejak awal telah melibatkan pengawas ekstern (luar Polri) dan pengawas intern (dalam Polri) tujuannya ingin memperoleh sumberdaya manusia yang berkualitas," ungkapnya.

Jenderal bintang satu dipundaknya ini kembali menekankan, bahwa dalam setiap seleksi yang dilakukan hari ini hingga dikirim ke pusat, akan senantiasa menggunakan prinsip Betah. Olehnya itu, semua hasil tes akan terlihat transparan. Setiap peserta langsung mengetahui hasilnya saat itu juga.

“Dalam seleksi ini saya minta panitia tidak main-main. Jangan coba-coba main-main, yang berani main-main akan kita tindak tegas,” tegasnya.

Jan meminta masyarakat untuk tidak segan melaporkan oknum Polri atau siapa saja yang mencoba mengambil keuntungan dalam proses seleksi Akpol tahun ini. Sebab, dalam setiap seleksi perekrutan anggota Polri, tidak dipungut biaya.

“Siapa yang coba-coba ambil keuntungan kita akan proses. Jadi masyarakat atau keluarga peserta, laporkan kalau ada yang coba-coba menjanjikan kelulusan dengan meminta sejumlah uang dan lain-lain. Yang bisa meluluskan hanya peserta itu sendiri jika hasil tesnya bagus. Kalo hasilnya tidak bagus ya pasti tidak lulus,” tegasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!