Sekilas Info

KAPAL HILANG

Tim SAR Bermalam di Pulau Run-Banda, KM. Ruslan Belum Juga Ditemukan

satumalukuID/Istimewa

satumalukuID- Pencarian terhadap Kapal Motor (KM) Ruslan berpenumpang 4 orang hingga malam ini belum membuahkan hasil. Tim SAR Pos Banda harus bermalam di Pulau Run, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (12/7/2020). Besok pencarian akan dilanjutkan.

Nasib KM Ruslan berawak 4 orang hingga kini belum diketahui. Kapal itu mengalami kebocoran di sekitar Perairan Pulau Run, sejak pukul 09.15 WIT. Tim SAR Pos Banda dikerahkan menuju lokasi duga setelah mendapat informasi pukul 13.15 WIT.

Informasi kejadian yang membahayakan nyawa manusia di laut itu diterima dari Ibu Sajida Arsad. Dalam laporan tersebut menyebutkan kapal bergerak dari Tulehu, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah hendak menuju Pulau Run.

“Kapal berpenumpang empat orang. Saat dalam perjalanan mengalami Kebocoran di sekitar Perairan Pulau. Tim bergerak menuju lokasi pada pukul 13.40 WIT. Estimasi perjalanan menuju lokasi kejadian kurang lebih 1 jam,” ungkap Kepala Basarnas Ambon, Muslimin, kepada satumalukuID.

Kapal berwarna putih dengan panjang 12 meter ini diduga mengalami kebocoran pada koordinat duga 4° 13.074' S - 129° 36.205' E. Namun, saat tim SAR gabungan tiba di lokasi awal perkiraan tersebut, kapal bermesin 3 ini tidak ada.

Upaya tim SAR gabungan yang melibatkan Lanal dan Kodim Banda menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) milik SAR Pos Banda di sekitar lokasi perairan tersebut belum membuahkan hasil. “Hasil pencarian sampai pukul 17.30 WIT masih nihil. Tim SAR gabungan dengan menggunakan RIB bermalam di Pulau RUN, dan besok pagi operasi pencarian kembali dilanjutkan,” ujarnya.

Menurutnya, kapal tersebut di nahkodai oleh Ulan Labiru dengan ABKnya Ongen, Malidi dan Jikrun.

“Upaya pencarian sedikit terkendala dengan cuaca laut. Gelombang ditaksir mencapai 2.5 sampai 4 meter dengan Angin Timur sampai Tenggara 10 - 20 Knots,” tandasnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!