Sekilas Info

SERAP ASPIRASI MASYARAKAT

Kapolda Maluku “Dudu Bacarita” Serap Aspirasi Masyarakat Soal Kamtibmas

satumalukuID/Humas Polda Maluku

satumalukuID- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar terus menggelar kegiatan program “Dudu Bacarita Kamtibmas”. Tidak seperti biasanya, kegiatan untuk menyerap aspirasi masyarakat, kali ini dilakukan secara virtual di masjid At-Taqwa, Asrama Polri Tantui, Kota Ambon, Minggu (12/7/2020).

“Dudu Bacarita” atau Duduk Bercerita hari ini menghadirkan Sekretaris Daerah Maluku, Kasrul Selang, Kepala Ombudsman Perwakilan Maluku, Hasan Slamet, Kepala Komnas HAM Perwakilan Maluku, Benediktus Sarkol dan sejumlah tokoh agama se-Provinsi Maluku.

Orang nomor 1 Polri di Provinsi Maluku ini didampingi sejumlah Pejabat Utama Polda yaitu Direktur Reserse Kriminal Khusus, Direktur Reserse Kriminal Umum, Kepada Bidang (Kabid) Hukum, Kabid Bimbingan Masyarakat, dan Kabid Humas Polda Maluku.

Baharudin Djafar mengungkapkan, kegiatan Dudu Bacarita Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) bertujuan untuk membuka akses komunikasi kepada masyarakat. Program ini dilakukan untuk menerima keluhan masyarakat.

Keluh kesah masyarakat yang terjadi di tengah lingkungan tempat tinggal mereka, selanjutnya akan dibincangkan. Polri, Pemerintah Daerah, Instansi terkait, tokoh agama dan masyarakat secara bersama-sama mencari dan menemukan solusi dalam rangka memelihara kamtibmas.

“Ide dasarnya adalah selama ini akses masyarakat kepada polisi sulit. Kami di Maluku ingin adanya kebersamaan. Dengan adanya giat ini masyarakat bisa menyampaikan masukan dan permasalahan (soal kamtibmas) kepada kami.

Jenderal Bintang Dua Polri itu berharap kedepannya Pemerintahan Daerah maupun instansi terkait lainnya dapat menggunakan wadah ini untuk menerima masukan dari masyarakat.

Di tempat terpisah, Sekda Maluku Kasrul Selang mengaku persoalan Kamtibmas sangat penting di tengah situasi Covid-19. Saat ini bukan hanya mengenai masalah kesehatan, ekonomi, sosial, tetapi juga kamtibmas.

Kondisi kamtibmas akan terganggu jika penanganan dan pelayanan masyarakat tidak optimal. Dia dapat menjadi sumber potensi gangguan kamtibmas.

“Olehnya itu kami berterima kasih atas jalinan sinergitas terkhusus kepada Polda Maluku. Kedepannya kita akan menghadapi agenda-agenda mendatang seperti Pilkada. Karena itu kita harus tetap bersinergitas dalam memelihara situasi kamtibmas," harapnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!