Sekilas Info

Basarnas Ambon Hentikan Pencarian Warga Sulsel yang Hilang di Laut Maluku

satumalukuID- Nasib Rizal, Anak Buah Kapal (ABK) KM. Astri Jaya 02, hingga kini masih misterius. Warga Sinjay, Sulawessi Selatan (Sulsel) itu telah dinyatakan hilang di laut. Pasalnya, 7 hari pencarian oleh tim SAR Gabungan tidak membuahkan hasil hingga malam ini Sabtu (11/7/2020).

Pemuda 25 tahun itu diduga terjatuh di laut saat memperbaiki lampu rusak di tiang buritan kapal penangkap ikan tersebut. Dia terjatuh saat kapal diduga memasuki perairan laut Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (5/7/2020) dini hari lalu.

Kapal penangkap ikan yang menggunakan alat tangkap pancing tonda itu hendak menuju pangkalan Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) Ambon, Kota Ambon. Kapal 24 gross tonnage (GT) bergerak dari lokasi fishing ground (tangkap ikan) di perairan Aru, Kabupaten Kepulauan Aru.

“Operasi pencarian hari ini hasilnya juga nihil. Kami kemudian melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait. Sesuai SOP, operasi pencarian terhadap korban kami hentikan,” kata Kepala Basarnas Ambon, Muslimin kepada satumalukuID.

Setelah operasi dinyatakan tutup, selanjutnya dilanjutkan dengan pemantauan dan pemapelan. Semua pihak terkait telah dikoordinasikan. Jika ada laporan terbaru terkait tanda keberadaan korban, maka operasi SAR akan dibuka kembali.

“Ini setelah kami lakukan evaluasi dan koordinasi bersama unsur SAR terkait dan pihak keluarga korban dan nahkoda KM. Astri Jaya 02, dengan segala pertimbangan maka OPS SAR diajukan untuk ditutup,” tandasnya.

Untuk diketahui, korban terjatuh saat kapal penangkap ikan tersebut sedang bergerak kembali menuju pangkalan Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) Ambon, di Jalan Sultan Hasanudin, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Sebelum dinyatakan hilang, korban sempat terlihat oleh nahkoda kapal pada Sabtu (4/7/2020) pukul 24.00 WIT. Melihat korban masih menahkodai kapal, nahkoda itu kembali tertidur dan terbangun, Minggu (5/7/2020) pukul 01.30 WIT. Saat terbangun korban sudah tidak ada lagi.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!