Sekilas Info

CITRA POLRI DI MALUKU

Kapolda Maluku Ingatkan Anggotanya Agar Jangan Mudah Dipengaruhi Orang Lain

satumalukuID- Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar menyampaikan tiga pesan yang menjadi tujuan hukum dan penting dijalankan anggotanya. Jika dipegang dan dilaksanakan, tiga hal itu disebutnya dapat membuat anggota punya harga diri dan dihargai masyarakat.

Pesan dan nasehat orang nomor 1 Polri di Provinsi Maluku ini disampaikan dalam tatap muka langsung dengan personel Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) yang berlangsung di aula Command Center, Markas Polda Maluku, Kota Ambon, Selasa (7/7/2020).

Tiga tujuan hukum yang harus dipedomani setiap anggota, kata Jenderal Bintang Dua itu adalah rasa keadilan, kepastian hukum dan kemanfaatannya yang harus dicapai.

“Jangan mudah dipengaruhi oleh orang lain. Saya lebih percaya anggota dengan pangkat terendah dari pada pengusaha terkaya yang ada di Maluku," tegas Kapolda.

Untuk memperbaiki citra Polri di Maluku, Baharudin menekankan jika hal tersebut bukanlah menjadi tanggungjawabnya semata, tapi seluruh personel. “Caranya adalah dengan mengatakan yang salah itu salah, yang benar itu benar. Jangan hanya karena pengaruh seseorang sehingga bisa merubah profesionalisme kita dalam bekerja," tekan Baharudin.

Didampingi Wakapolda Maluku Brigjen Pol. Jan de Fretes, dan Direktur Krimum Kombes Pol. Sih Harno pagi tadi, Baharudin mengaku baru ada waktu sehingga dirinya dapat bertemu sekaligus menyampaikan apresiasinya kepada personil Ditreskrimum.

Menurutnya, organisasi sebesar ini harus mendapat pengarahan kerja, sebagaimana yang disampaikan dan ditekankan oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yaitu hingga ke tingkat bawah atau Kepolisian Sektor (Polsek).

“Ada beberapa prestasi yang dicapai. Dan saya selaku Kapolda ucapkan terimakasih, contohnya dalam penanganan kasus RMS semua tahapan dilalui dengan baik sampai sekarang yang sudah tahap II," salut Baharudin.

Selain penanganan RMS, mantan Kapolda Sulawessi Barat ini juga mengaku baiknya penanganan gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Negeri Latu, Hualoy dan Desa Tomalehu, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Menurutnya selain sudah sangat baik, namun tiga warga Kampung yang kerap bertikai itu harus tetap dipantau. Sehingga peran Bhabinkamtibmas dan Polsek harus benar-benar diberdayakan dalam rangka menjaga kamtimbas di daerah tersebut.

"Harus kita perbaiki sistem kerja dari atas sampai ke bawah sehingga semua dapat berjalan dengan baik dan profesionalisme,” pintanya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!