Sekilas Info

PILKADA 2020

Gubernur Maluku Ingatkan Penerapan Protokol Covid-19 pada Pilkada 2020

Foto: Jimmy Ayal/ant Gubernur Maluku Murad Ismail

satumalukuID - Gubernur Maluku, Murad Ismail, mengingatkan semua pihak agar pelaksanaan pentahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di masa pandemi Covid-19 wajib menerapkan protokol kesehatan.

"Penerapan protokol kesehatan utamanya harus dijalankan di empat kabupaten di Provinsi Maluku pada bulan Desember 2020 mendatang," terang Gubernur Murad, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Pemerintahan, M. Saleh Thio, saat Launching Pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2020, di Swiss-Belhotel Ambon, Selasa (07/07/2020).

Gubernur Murad katakan, pemerintah daerah dan pihak penyelenggara harus dapat memastikan bahwa seluruh tahapan pilkada wajib menerapkan protokol kesehatan dan bebas penularan Covid-19.

"Kepada pihak penyelenggara baik KPU dan Bawaslu Kabupaten, agar dalam pelaksanaan tahapan hendaknya selalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten masing-masing," tegasnya.

Dia mengingatkan agar koordinasi juga harus dilakukan dengan Gugus Tugas Provinsi yang berwenang menangani permasalahan Covid-19 yang bersifat lintas kabupaten maupun kota.

"KPU dan Bawaslu harus bekerja extra untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, sebab tantangan yang dihadapi tidak hanya mengenai suksesnya pelaksanaan dan suksesnya pengawasan, namun juga suksesnya pencegahan penularan Covid-19," tandasnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!