Sekilas Info

Shell Mundur dari Proyek Blok Masela, Inpex Cari Mitra Baru agar Onstream Tahun 2027 Mendatang

satumalukuID – Royal Dutch Shell Plc (Shell) mundur dari proyek Blok Masela. Imbasnya, Inpex kini mencari mitra baru untuk mengembangkan ladang gas di Maluku tersebut.

Mundurnya Shell dari proyek Blok Masela diungkap Deputi Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Julius Wiratno, Jumat akhir pekan kemarin (3/7/2020).

Salah satu alasan Shell mundur dari proyek tersebut karena masalah arus kas akibat proyek-proyek di negara lain yang terhambat.

Adapun, Shell semula menggenggam 35 porsi saham partisipasi dalam proyek tersebut. Sisanya, dipegang Inpex dan badan usaha milik daerah (BUMD) sebesar 10 persen.

"Sedang akan diambil alih semua oleh Inpex atau sedang cari partner yang potensial," kata Julius Wiratno sebagaimana dirilis Bisnis.com, Jumat (3/7/2020).

Sebelumnya, Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto menyinggung soal kondisi bisnis LNG yang tengah terpuruk memang membuat beberapa perusahaan migas risau soal pelaksanaan proyek. Termasuk untuk Blok Masela.

"Saat ini industri migas menghadapi masalah berat (termasuk) harga LNG. Ada ketakutan project owner seperti Masela eksekusi proyek ke depan," tuturnya beberapa hari lalu sebagaimana dilansir Kontan.co.id Minggu (5/7/2020).

Julius menerangkan, bukan tidak mungkin waktu pelaksanaan proyek akan bertambah. Namun ia memastikan, Inpex telah berkomitmen untuk menyelesaikan proyek tepat waktu. Blok Masela sendiri ditargetkan onstream pada 2027 mendatang.

Sekadar informasi, Inpex Corporation bersama Shell Upstream Overseas Ltd. sebelumnya menandatangani kontrak amendemen bagi hasil cost recovery termasuk waktu tambahan 7 tahun alokasi dan perpanjangan proyek kilang gas alam cair (liquefied natural gas/ LNG) Abadi dengan SKK Migas pada 11 Oktober 2019.

Penandatanganan itu menandai pelaksanaan perjanjian formal tentang persyaratan kontrak kerja sama (production sharing contract/ PSC) yang sebelumnya disepakati dan diumumkan pada Juli 2019.

Penulis: m-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!