Sekilas Info

KASUS ORANG HILANG

Perbaiki Lampu Rusak di Buritan, ABK KM Astri Jaya Hilang di Laut Ambon – Lease

satumalukuID- Rizal, Anak Buah Kapal (ABK) KM. Astri Jaya 02, hingga kini belum ditemukan. Dia diduga terjatuh di sekitar perairan laut Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Minggu (5/7/2020) sekira pukul 07.30 WIT.

Belum diketahui pasti penyebab sehingga pria 33 tahun itu terjatuh dari atas kapal penangkap ikan tersebut. Dugaan sementara, korban terjatuh ke laut setelah terpeleset saat mencoba memperbaiki lampu yang rusak pada tiang buritan kapal.

Kepala Basarnas Ambon, Muslimin, mengatakan, saat ini tim Badan SAR Nasional (Basarnas) Ambon sudah dikerahkan menuju lokasi pencarian menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) sejak pukul 12.53 WIT.

Korban yang merupakan warga Sinjai, Sulawesi Selatan ini terjatuh saat kapal penangkap ikan itu sedang bergerak kembali menuju pangkalan Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) Ambon, di Jalan Sultan Hasanudin, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Kapal penangkap ikan yang menggunakan alat tangkap pancing tonda itu kembali ke pangkalan setelah dari lokasi fishing ground (tangkap ikan) yang berada di perairan laut Aru, Kabupaten Kepulauan Aru.

“Saat kapal kembali menuju pangkalan PPN Ambon, korban mengambil alih kemudi kapal pada Sabtu (4/7/2020) sekitar jam 19.00 WIT,” ungkap Muslimin.

Korban masih terlihat setelah nahkoda kapal berkapasitas 24 Gross Tonnage (GT) ini terbangun pukul 24.00 WIT. Melihat korban masih menahkodai kapal, nahkoda kembali tertidur dan terbangun, Minggu (5/7/2020) pukul 01.30 WIT.

“Korban sudah tidak terlihat di atas kapal setelah nakhoda terbangun lagi pukul 01.30 WIT. Dia diperkirakan terjatuh ke laut,” terangnya.

Setelah mencari korban seisi ruangan kapal tidak menemukan korban, nakhoda langsung mengambil langkah pencarian sekitar 1 jam. Kapal putar balik menuju lokasi jatuhnya korban. Sayangnya, korban tidak ditemukan sehingga nahkoda memutuskan melanjutkan perjalanan pulang ke Ambon.

“Kapal tiba di PPN Ambon tadi pukul 06.30 WIT. Kami terima info pukul 12.30 WIT dan saat ini tim SAR sedang melakukan pencarian menggunakan RIB dan KM. Asri Jaya 02 yang kembali melakukan pencarian,” tambah Muslimin.

Sesuai Surat Persetujuan Berlayar (SPB), kapal bertolak dari PPN Ambon menuju fishing ground di laut Aru pada Rabu (17/6/2020). Kapal kemudian kembali menuju pangkalan PPN Ambon Jumat (3/7/2020) dan tiba Minggu (5/7/2020).

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!