Sekilas Info

PILKADA 2020

Kapolda Maluku Minta Bawaslu Edarkan Teknis Pilkada 2020

satumalukuID/Humas Polda Maluku

satumalukuID- Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharudin Djafar meminta Bawaslu Provinsi Maluku untuk membuat surat edaran tentang teknis pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 di Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Maluku Barat Daya dan Kabupaten Kepulauan Aru.

Permintaan itu disampaikan langsung kepada Ketua Bawaslu Maluku Abdullah Ely bersama komisioner lainnya yang datang bersilaturahmi dengan Kapolda Maluku di ruang kerjanya, Mapolda Maluku, Kota Ambon, Jumat (3/7/2020).

Menurutnya, surat edaran tentang teknis Pilkada tersebut akan menjadi panduan pelaksanaan di empat Kabupaten di Maluku. Apabila dalam penerapannya tidak sesuai, maka dapat diperingatkan oleh Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

“Sebaiknya Bawaslu buat surat edaran ke empat kabupaten yang laksanakan Pilkada terkait teknisnya. Jika nanti tidak sesuai ada Gakkumdu yang akan memperingatinya, sehingga pelaksanaan pilkada dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada gangguan kamtibmas nantinya,” pintanya.

Orang nomor 1 Polri di Provinsi Maluku ini mengaku, Pilkada akan berlangsung aman dan lancar sesuai dengan rencana jika sinergitas tetap dijaga oleh seluruh stakeholder terkait.
“Pentahapan Pilkada harus direncanakan dengan baik dan betul-betul. Pelaksanaan sidang harus selesai, administrasi harus betul, harus ada bukti-bukti setiap notulen dan setiap tahapan harus kita tahu agar kecil pelanggarannya," pesan Jenderal Bintang Dua Polri tersebut.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Maluku Abdullah Ely menyampaikan proses pentahapan pilkada yang mulai berjalan. Dia meminta Polda Maluku dan Stakeholder terkait agar dapat memberikan petunjuk pelaksanaan pengamanan pada tahapan Pilkada nanti.

"Bahwa pada saat pelaksanaan Pilkada tetap mematuhi Protokol kesehatan dan terkait APD sudah dibicarakan dengan pemerintah daerah dan sudah direalisasikan sementara masker dan hand sanitazer," ungkapnya.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!