Sekilas Info

PILKADA 2020

Selain Keamanan, Polda Maluku akan Fokus Awasi Penggunaan APD di Tahapan Pilkada 2020

satumalukuID- Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020, khususnya di empat Kabupaten di Provinsi Maluku sedang berlangsung. Keamanan dan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) di seluruh tahapan pesta demokrasi, menjadi prioritas pengawasan Polda Maluku saat ini.

Provinsi Maluku sendiri terdapat empat Kabupaten yang akan melangsungkan Pilkada di tahun ini. Adalah Kabupaten Buru Selatan, Seram Bagian Timur (SBT), Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Kepulauan Aru.

“Dari pusat juga sudah memperhitungkan termasuk APD yang harus digunakan selama tahapan Pilkada. Inilah yang betul-betul kami kawal, kami awasi pemanfaatannya, kemudian kerawanan di masing masing Kabupaten,” kata Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharudin Djafar kepada wartawan di Mapolda Maluku, Kota Ambon, Rabu (1/7/2020).

Di tengah mewabahnya pandemik Covid-19, masyarakat diharapkan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Seperti semua pakai masker, kita jaga kebersihan, kita atur jarak dan aktivitas kita ini bisa berjalan baik. Mudah mudahan masyarakat tetap semakin sadar bahwa protokol kesehatan harus tetap dijaga,” pintanya.

Selain itu, mantan Kapolda Sulawessi Barat ini mengaku, sebagai aparat pengamanan, Polri akan tetap bersikap netral dalam perhelatan pesta rakyat lima tahunan tersebut. Kenetralan polri, lanjut dia, bersifat mutlak atau tidak ditawar-tawar oleh siapapun.

“Perintah bapak Kapolri, semua harus netral, semua harus adil di dalam melaksanakan pengamanan. Mudah-mudahan empat Kabupaten di Maluku bisa kita amankan dengan baik tanpa ada kejadian yang sama-sama tidak kita harapkan,” harap Jenderal Bintang Dua tersebut.

Penulis: Ian Toisutta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!