Sekilas Info

PENANGANAN COVID-19

Rendahnya Kesadaran Warga Picu Kenaikan Jumlah Pasien Covid-19 di Maluku, 742 Kasus Terkonfirmasi

satumalukuID – Ketua DPRD Provinsi Maluku Lucky Wattimury menilai minimnya kesadaran warga terhadap bahaya penyebaran Covid-19 menjadi pemicu bertambahnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Sesuai data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Rabu (1/7/2020), ada penambahan 7 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab sehingga total menjadi 749 kasus. Tambahan 7 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, berasal dari Kota Ambon 6 kasus dan Kabupaten Maluku Tengah 1 kasus.

"Walaupun sudah hari ke-10 pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Ambon, namun angka kasus terkonfirmasi positif malahan mengalami peningkatan yang cukup signifikan," kata Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury di Ambon, Rabu (1/7/2020).

Menurut Lucky, bertambahnya jumlah pasien positif Covid-19 telah memicu tanda tanya besar di mana berbagai elemen masyarakat menilai jika pemberlakuan PSSB tidak efektif karena aparat pemerintah dinilai tidak tegas menindak pelanggar Peraturan Wali Kota Nomor 18 Tahun 2020 di lapangan atau kah masyarakat yang masih membandel.

"Kenaikan ini juga telah diprediksi sebelumnya karena saat pasien 01 itu ada sekitar 400-an orang yang berdasarkan hasil tracking kemungkinan positif atau reaktif pada saat itu," ujarnya.

Bila semakin banyak orang yang positif, maka konsekuensinya adalah tentu akan ada banyak orang yang terkena penyebaran virus corona.

Untuk itu, masyarakat diminta agar intensif  meningkatkan lagi kesadarannya sehingga bisa membantu pemerintah memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Maluku.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Maluku Melky Lohy menjelaskan sesuai data Rabu (1/7/2020), ada penambahan 7 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab sehingga total menjadi 749 kasus. Tambahan 7 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, berasal dari Kota Ambon 6 kasus dan Kabupaten Maluku Tengah 1 kasus.

Dari total 749 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 itu terdiri dari 451 pasien yang sementara dirawat, 282 pasien telah sembuh dan 16 meninggal dunia. “Hari ini ada 18 pasien terkonfirmasi positif yang sembuh,” ujarnya.

Perincian 451 pasien terkonfirmasi positif yang masih dalam perawatan itu tersebar di Kota Ambon 301 orang, Kabupaten Maluku Tengah 94 orang, Kabupaten SBT 27 orang, SBB 2 orang, Buru 22 orang, MBD 3 orang dan Kota Tual 2 orang.

“Untuk jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) tercatat 53 orang dan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) 114 orang,” timpal Lohy.

Baca Juga

error: Content is protected !!