Sekilas Info

INSPIRATIF

Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya, Satu Lagi Putra Asal Maluku Dipromosi Job Bintang Sebagai Danrem 161 NTT

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa saat menerima laporan kenaikan pangkat sejumlah perwira tinggi TNI AD di Jakarta, Senin (11/5/2020).

DALAM dua bulan terakhir saja. Beberapa putra asal atau berdarah Ambon Maluku di jajaran TNI Polri mendapatkan promosi kenaikkan pangkat bintang satu atau dua maupun jabatan baru.

Yang terbaru adalah Kolonel Inf Samuel Petrus Hehakaya. Ia mendapatkan promosi jabatan bintang satu Brigjen yakni untuk menjabat Komandan Komando Resort Militer (Danrem) 161/Wirasakti Kupang yang membawahi wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Promosi jabatan dan otomatis naik pangkat itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/503/VI/2020 tanggal 18 Juni 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 49 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 40 Pati jajaran TNI Angkatan Darat, 5 Pati jajaran TNI Angkatan Laut dan 4 Pati jajaran TNI Angkatan Udara.

Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya saat Masih berpangkat Letnan Kolonel.

Dalam SK Panglima TNI tersebut, Kolonel Inf Samuel Petrus Hehakaya dari Agen Madya Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Danrem 161/WS (Kupang) Kodam IX/Udayana. Ia menggantikan Brigjen Syaiful Rahman S.Sos yang dimutasikan sebagai Dirjan Kodiklat TNI AD.

Dari data wikipedia. Hehakaya adalah lulusan Akmil 1987 dari kecabangan Infanteri. Jabatan jenderal bintang satu ini sebelumnya yakni Agen Madya Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN.

Hehakaya pernah juga menjabat posisi penting lainnya diantaranya sebagai Komandan Yonif 742/SWY Singaraja Bali, Dandim 1605/Belu (2008), Kabintaldam I/Bukit Barisan, Kapendam I/Bukit Barisan (2014—2015) dan Agen Madya Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN (2017—2020).

Untuk diketahui beberapa waktu sebelumnya, tiga putra terbaik asal Maluku di lingkungan Polri dan TNI juga mendapat kepercayaan dari Kapolri dan Panglima TNI untuk dipromosikan ke jabatan baru dan diantaranya otomatis mendapat kenaikan pangkat.

Mereka adalah Brigjen Pol Marthinus Hukom SIK, Brigjen Pol Drs Jan Leonard de Fretes MM dan Kolonel Adm Gladly Mailoa. Pengangkatan Hukom dan de Fretes sesuai dengan surat telegram Kapolri Nomor: ST/1377/V/Kep/2020 tertanggal 1 Mei 2020.

Brigjen Pol Marthinus Hukom dipromosi menjadi Kepala Detasemen Khusus (Kadensus) 88 AT Polri. Sebelumnya beliau menjabat Wakil Kepala Densus 88 AT Polri. Hukom menggantikan posisi Irjen Pol Muhamad Syafi. Dengan demikian pangkatnya naik menjadi Irjen.

Sedangkan Brigjen Pol de Fretes dipromosikan sebagai Wakil Kepala Polda (Wakapolda) Maluku. Sebelumnya beliau menjabat Penyidik Tindak Pidana Utama Tkt II Bareskrim Polri.

Sementara itu, pada 30 April 2020 bertempat di Mabes TNI Cilangkap, Panglima TNI juga telah melakukan serah terima jabatan Kepala Pusat Keuangan TNI dari Brigjen TNI Imam Baidhowi kepada Kolonel Adm Gladly Mailoa. Dengan demikian, Gladly Mailoa dinaikkan pangkatnya dari tiga melati menjadi satu bintang.

Sebelumnya juga dua putra terbaik Maluku di jajaran TNI AD mendapat promosi jabatan dan kenaiikan pangkat dari Kolonel menjadi Brigjen. Yakni berdasarkan surat keputusan Panglima TNI Nomor Kep/385/IV/2020 tanggal 09 April 2020 telah mengangkat dua putera Maluku menjabat sebagai Komandan Korem (Danrem).

Keduanya adalah Brigjen TNI Arnold Aristoteles Paplapna Ritiauw R, S.IP mantan Danrem 133/Nani Wartabone (Gorontalo) Kodam XIII/Merdeka mendapat kepercayaan menjabat sebagai Komandan Korem 151/Binaiya Kodam Pattimura.

Serta Brigjen TNI Dr. Chairussani Abbas Sopamena, S.I.P., M.Si. mantan Paban Sahli Bidang Kuminternas Pok Sahli Bidang Hukum Sahli Kasad mendapat kepercayaan menjadi Danrem 152/Babullah (Ternate) Kodam Pattimura. (NP)

Baca Juga

error: Content is protected !!